Beranda RAGAM DAERAH Ketahuan Mencuri, Pelaku Babak Belur Dihakimi Warga

Ketahuan Mencuri, Pelaku Babak Belur Dihakimi Warga

184
0
BERBAGI

Kota Cirebon, (faktahukum.co.id) – Salah seorang dari pelaku pencurian dengan pemberatan (curat), babak belur dihakimi warga. Ini terjadi di Perumahan Pesona Dawuan  Rt.05, Rw.08, Desa Dawuan Kecamatan Tengahtani, Kabupaten Cirebon, Sabtu (17/04/21).

Sesuai Laporan Polisi Nomor : LP/31/B/IV/2021/SPKT/JABAR/POLRES CIREBON KOTA/POLSEK KEDAWUNG, tanggal 17 April 2021. Dengan pelapor L dan M, alamat di Desa Battembat, Kecamatan Tengahtani, Kabupaten Cirebon.

Dengan adanya laporan tersebut, unit Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polsek Kedawung Polres Cirebon Kota, berhasil mengamankan pelaku Pencurian dengan pemberatan (curat).

Kapolsek Kedawung, Kompol Abdul Qodirad S.H., membenarkan adanya kejadian tersebut, ” Ya benar, ada kejadian diduga tindak pidana Pencurian dengan Pemberatan di Perumahan Pesona Dawuan  Rt.05/ Rw.08, Desa Dawuan Kecamatan Tengahtani, Kabupaten Cirebon,” ujarnya.

Lanjut Kapolsek, Dua unit reskrim Polsek Kedawung telah mengamankan salah satu dari pelaku, yang diduga berjumlah 2 (dua) orang. Salah satunya berhasil melarikan diri.

Masih menurut Kapolsek Kedawung, Kronologis kejadian, pelaku diduga berjumlah 2 orang memasuki rumah dengan cara merusak pintu rumah korban, dengan alat bantu obeng dan kunci L. Kemudian pelaku mengambil sejumlah perhiasan dan uang tunai,” ungkap Kapolsek.

“Sekira pukul 13.00 Wib, ada salah satu warga yang mencurigai gerak gerik pelaku. Selanjutnya pelaku pun di buntuti oleh warga dan dilakukan penghadangan di depan pos Satpam Perumahan Bumi Asri Dawuan bersama warga lainnya. Satu orang pelaku HS berhasil diamankan, dan satu pelaku lainnya berinisial R melarikan diri,” jelas Kapolsek Kedawung.

Barang bukti yang berhasil di amankan, 2 buah obeng milik pelaku, 2 buah kunci leter L, 1 buah sepeda motor Honda Revo warna merah hitam Nopol D 4501 JL, berikut kunci kontak dan STNK dan 1 buah handphone milik pelaku.

Sedangkan barang bukti dari hasil pencurian pelaku adalah, empat buah perhiasan cincin emas kuning milik korban, satu buah perhiasan gelang emas kuning milik korban, satu buah perhiasan kalung milik korban dan sejumlah uang tunai Rp 10.850.000,-.

Kini barang bukti diamankan di Polsek kedawung dan penanganan oleh Unit Reskrim Polsek kedawung Polres Cirebon Kota. Untuk pelaku di jerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

Penulis : M. Sulaeman
Editor : Bonding Cs