Beranda RAGAM DAERAH Kesbangpol Adakan Sosialisasi Orkemas. Iwan: Tertibkan Orkemas belum terdaftar

Kesbangpol Adakan Sosialisasi Orkemas. Iwan: Tertibkan Orkemas belum terdaftar

16
0
BERBAGI

Kab. Cirebon, (faktahukum.co.id) – Berbagai macam Organisasi Kemasyarakatan (Orkemas_red) di Kabupaten Cirebon yang ada dan terbentuk sejumlah kurang lebih 313 orkemas. Dengan terdiri dari beberapa organisasi baik Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM_red), Organisasi Massa (Ormas_red), dan Organisasi Profesi lainnya.

“Sejumlah 313 Orkemas yang ada di Kabupaten Cirebon diharapkan untuk melakukan penertiban administrasi ke Badan Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik_red) dengan mendaftarkan keberadaannya. Sehingga kami dari Pemerintah Kabupaten dapat memantau baik kantor sekretariatannya maupun para pengurus dan anggotanya”, ungkap Iwan yang juga mantan Kabag Humas Pemkab Cirebon.

Terhitung sekian banyak lembaga sosial yang didirikan secara sukarela tapi perlu adanya pembinaan berkelanjutan dan berkesinambungan antara lembaga dan pemerintah. Sehingga akan terjadi komunikasi dua arah dalam meningkatkan kinerja sistem birokrasi dan pelaksanaan terhadap masyarakat.

Letnan Dua Muhamad Ali, selaku Satuan Intel Kodim 0620/Sumber mengatakan bahwa dalam menjalankan tugas di lapangan harus saling menjaga kerukunan antar lembaga.

“Sudah seyogianya, kita dapat menjaga persatuan dengan tidak mengutamakan kepentingan pribadi dan golongan. Sehingga kita semua dapat melaksanakan tugas dengan baik demi kemajuan pembangunan bangsa dan negara,” tutur perwira kelahiran Sleman ini.

Dalam acara yang digelar Senin, (29/6), tersebut dihadiri beberapa pihak dari Kesbangpol, Kepolisian, Kejaksaan, TNI dan Akademisi serta 11 Orkemas yang mengerahkan 6 pengurus dan Anggotanya. Terdiri dari Ormas, LSM dan Organisasi Profesi, diantaranya Holistik Insan Penulis dan Wartawan Indonesia (HIPWI), Barisan Nasionalis Pancasila, LSM Penjara Indonesia, Laskar Merah Putih (LMP) dan lainnya.

Ditambahkan, Iwan selaku Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Cirebon, “Dari sejumlah Orkemas yang berdiri, hanya 30 yang sudah mendaftarkan diri ke Kebangpol. Selebihnya masih kami tunggu laporannya sehingga dapat kami inventarisasi keberadaannya dan kedepan agar lebih bersinergi lagi tentunya dalam semua hal pembangunan di Kabupaten Cirebon,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Komsiyah selaku Kabid TahBang Kesbangpol Kabupaten Cirebon mengatakan bahwa Kesbangpol siap membantu untuk dapat menertibkan administrasi Orkemas,” Kita bantu secara gratis tis,” tutur pria santun melayani orkemas ini.

Penulis: Harjasa Editor: Cep. Adunk