Beranda RAGAM DAERAH Kemarin, Desa Telaga Murni Gelar Musrenbangdes

Kemarin, Desa Telaga Murni Gelar Musrenbangdes

642
0
BERBAGI

Kab. Bekasi, (faktahukum.co.id) – Pemerintah Desa Telaga Murni Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk tahun anggaran 2020.

Kepala Desa Telaga Murni H. Sugandi menyampaikan, ”Musrenbangdes ini adalah kelanjutan dari kegiatan Musrenbang di tingkat Dusun yang telah dilaksanakan sebelumnya,”kata Kades, Selasa, (15/1/19) kemarin.

Perencanaan Kegiatan tahun 2019 yang dihadiri berbagai elemen dan unsur masyarakat baik dari RT, RW, Dusun, Pendamping Desa, tokoh masyarakat serta unsur lain yang terkait di Desa, serta dihadiri juga oleh perwakilan dari Kecamatan dan pemerintah daerah.

“Dalam rapat khusus oleh Pemerintah Desa, RT, RW, dan Dusun,  artinya akan di sampaikan di tahap musrenbang tingkat desa,”ucap Kades.

Ia menambahkan,”Bagi yang mengusulkan anggaran di bawah 50 juta, usulan melalui anggaran APBD dan yang mengusulkan anggarannya diatas 50 juta, diusulkan pada musrenbang tingkat desa,”tambahnya.

Kepala Desa menyampaikan,”Masing-masing Dusun agar disiapkan usulannya, mana yang menjadi skala prioritas”ujarnya.

Musrenbang Desa, masyarakat diberikan kesempatan untuk menyampaikan usulan rekomendasi pembangunan, yang setiap perwakilan mulai dari Kepala Dusun (Kadus), lembaga pendidikan dan tokoh masyarakat dalam menyampaikan usulannya.

Usulan-usulan seperti pembangunan saluran Air, jalan lingkungan, penambahan drainase, pembuatan WC umum di sekolah, perbaikan gedung sekolah dan pembangunan pagar sekolah dapat diajukan di Musrenbang.

Kades berharap pada pemerintah agar aspirasi masyarakat diapresiasi dan realisasi,”Kepada team monitoring Kabupaten Bekasi agar menyikapi aspirasi masyarakat Desa Telaga Murni bisa terlaksa, jangan sampai hanya sebagai seremonial atau sebagai program saja,”pungkasnya. (Hendriana)