Home RAGAM DAERAH Kakanwil Kemenag Sumbar Buka Lomba Qasidah Rebbana

Kakanwil Kemenag Sumbar Buka Lomba Qasidah Rebbana

111
0
SHARE

Padang Sumbar( faktahukum co.id.)-Menyambut peringatan hari kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, Kanwil Kemenag Sumbar.H.Hendri dan Ketua dharma wanita Bahirni menggelar lomba Festival qasidah rebbana yang diikuti Ibu – ibu Dharma wanita dan aparat sipil negara (ASN) se Sumatera Barat, (Sumbar) diaula amal bhakti Kamis ( 11/04/19 )

Turut dihadiri Ketua Pengurus Dharma wanita se Sumatera Barat,dan jajaran kemenag diantaranya Kabid, Kasubbag dan Kasi dilingkungan.

Ketua Panitia,Ena Kardinal mengatakan lomba ini diikuti sebanyak 38 group qasidah rebbana,18 group dharma wanita dan 18 group dari ASN lingkup Kemenag kabupaten kota ditambah dua group dari Dharma wanita dan ASN Kanwil Kemenag.

Menurut Ketua dharma wanita.Bahirni Hendri mengatakan kegiatan lomba qasidah ini untuk mempersatukan Dharmawanita Kemenag se Sumatera Barat.

“Kami ingin Dharmawanita ini kuat dan bersatu dalam mendukung dan memberikan kontribusi yang terbaik untuk Kementerian Agama Sumatera Barat,” terangnya.

Lanjut Bahirni mengatakan peringatan hari kartini adalah momentum yang sangat berharga bagi pergerakan aktualisasi kaum ibu di tanah air.

“Lomba qasidah yang kita angkat ini disamping memberi makna terhadap peningkatan eksistensi peran perempuan dalam percaturan pergerakan bangsa juga memberikan motivas untuk meningkatkan dan memviralkan seni budaya Islam.

“Kehadiran seni budaya dalam menyemarakkan pesan dakwah dan syiar islam perlu kita lestarikan.qasidah rebbana adalah salah satu bentuk seni budaya islam. Didalamnya terkandung makna dakwah dan pesan ajaran islam, akhlak dan kepribadian Islami yang perlu terus dipupuk dalam setiap sendi kehidupan kita,” ungkap.Bahirni yang juga guru MTsN gunung Pangilun.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H.Hendri sangat bangga dan mengapresiasi atas kegiatan luar biasa yang dirancang dharma wanita. qasidah rebana adalah bagian seni yang harus kita pertahankan dan kita kembangkan, karena didalam syairnya terkandung nilai-nilai ilahiyah dan ruhaniah. “Ibu-ibu Dharma wanita adalah kartini zaman now.sosok RA kartini.

“Mari kita memberikan inspirasi bagi setiap perempuan indonesia. meningkatkan kualitas hidup baik bagi diri keluarga dan masyarakata terutama dalam mendukung suami,” ungkap Kakanwil.

Lomba qasidah rebana ini juga menghadirkan dewan juri profesional diantaranya, Muhammad Rizal, Khairat KDI, Syofrida dan Mukhtar yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia gambus dan qasidah. Kegaiatan ini digelar satu hari penuh dan peserta sudah hadir sejak kemaren di penginapan yang telah dikoordinasikan dengan panitia.Rina Risna (RN )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here