Beranda RAGAM DAERAH Kadisdik Barut Pantau Proses PPDB Sejumlah Sekolah di Muara Teweh

Kadisdik Barut Pantau Proses PPDB Sejumlah Sekolah di Muara Teweh

624
0
BERBAGI

Muara Teweh. Kalteng (faktahukum.co.id)
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Barito Utara (Barut) Syahmiluddin A.Surapati bersama sejumlah Kaepala bidang (Kabid) dan Kepala seksi (Kasi) melakukan pemantauan proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) di sejumlah sekolah dalam kota Muara Teweh, Sabtu (20/6/20).

Pemantuan tersebut dilakukannya dimulai dari SDN-5 Melayu, SDN-10 Melayu, SMPN-1 dan SMPN-2 Muara Teweh, SMP Muhammadiyah yang tahun ini baru dibuka dan melakukan penerimaan siswa baru serta terakhir MTsN.

Pada kesempatan itu, Syahmiluddin menyampaikan, kunjungan atau pemantauan ini dilakukan tidak lain untuk melihat sejauh mana progres penerimaan pendaftaran siswa-siswi didik baru yang masuk pada masing-masing sekolah yang ada dalam satu zonasi.

“Kunjungan ke sekolah-sekolah ini untuk memastikan kebijakan sesuai petunjuk pelaksana (Juklak) yang ada, apakah bisa dilaksanakan di masing-masing sekolah yang sekaligus juga sebagai bahan mengevaluasi kami dalam kegiatan penerimaan dan daftar ulang yang ada di setiap sekolah,” kata Syahmiluddin saat mengunjungi SMPN-2 Muara Teweh, Sabtu (20/6).

Secara keterbukaan juga bahwa ini menyangkut kepercayaan dan prestise sekolah yang akan dilihat disuatu sekolah mana yang paling mendapat pilihan terbanyak dari masyarakat. Tentunya pilihan itu merupakan yang kesekian.

“Tetapi hal inilah yang hendaknya dapat dimanfaatkan atau digunakan oleh pihak kepala sekolah bersama jajaran gurunya untuk bisa menjadi bahan koreksi atau pun evaluasi dalam hal sistem kinerja pembelajaran yang ada,” ucap Syamil.

Menurutnya, masyarakat sekarang ini memiliki keleluasaan untuk menentukan serta memiliki pemahaman, dan rata-rata orang tua menginginkan anaknya bersekolah pada sekolah yang masuk dalam kategori sekolah unggulan, dan kepercayaan mereka (orang tua, red) tumbuh terhadap sekolah berdasarkan dari segi kualitas sekolah itu sendiri.

“Dengan adanya keberanian ini kita nantinya akan melakukan evaluasi kedalam, kedepan saya harapkan sekolah-sekolah ini dari sisi inovasi dan prestasi dapat terus bersaing, sehingga tidak ada lagi kesan kesenjangan dalam hal pilihan masyarakat dalam memasukkan anaknya pada sekolah diwilayah kita khususnya,” ungkap mantan Camat Gunung Timang ini.

Sementara itu, Kepala SMPN-2 Muara Teweh Apualudin menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan atau pemantauan proses penerimaan pendaftaran peserta didik baru tahun ajaran 2020/2021 yang dilakukan oleh Plt Kadisdik bersama jajarannya ke SMPN 2 ini.

“Dalam hal ini kami melakukan penerimaan pendaftaran peserta didik baru dimulai 18 Juni sampai 24 Juli 2020. Alhamdulillah pada hari kedua ini yang mendaftar sudah 178 siswa dan kami tetap menunggu orang tua mengantar daftar ulang berkas anaknya yang sudah mengisi dari rumah,” kata Apualudin.

Penulis : @lie/TimĀ  Editor: Cep Adunk