Beranda RAGAM DAERAH Kades Panamboang dan YBH Justice Indonesia, Turun Tangan Adanya Issu Sara

Kades Panamboang dan YBH Justice Indonesia, Turun Tangan Adanya Issu Sara

266
0
BERBAGI

Halmahera Selatan, (faktahukum.co.id)- Pemerintah Desa Panamboang Kecamatan Bacan Selatan melangkah serius menyelesaiakan konflik yang sempat diisukan berbaur sara dengan melakukan Pertemuan melibatkan tokoh Agama,tokoh pemuda, tokoh pendidikan dan tokoh adat, Senin (27/08/19).kemarin.

Hal ini dijelaskan Kepala Desa Panamboang Heriwanus Karlos disaat pertemuan itu berlangsung, saat acara pesta di panamboang pantai, tiba-tiba saja ada kelompok pemuda dipimpin oleh oknum Darwin melakukan penyerangan terhadap kelompok pemuda lainnya namun berhasil kami hentikan,

Namun yang kami sayangkan ada oknum tertentu yang berteriak sambil mengucapkan “Allahu Akbar” sebagai ajakan mencoba menyeret persoalan ini ke Sara” jelasKepala Desa Panamboang Heriwanus Karlos.

Kondisi tersebut membuat masyarakat merasa sangat tidak nyaman baik dari kalangan muslim maupun dari kalangan kristiani. Pemerintah desa pun mengambil langkah cepat berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat, sehingga dari hasil koordinasi itu kemudian dilakukan pertemuan.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut perwakilan YBH Justice Indonesia Cabang Halmahera Selatan Stafri Nyong,SH , Perwakilan Polsek Pulau Bacan AIPDA Munir dan Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Bacan Selatan Ongky Nyong.

Pertemuan melahirkan dua poin sebagai kesepakatan bersama antara seluruh tokoh agama baik dari kristiani maupun muslim, tokoh pendidikan,tokoh pemuda dan tokoh adat yaitu pertama, bahwa seluruh oknum yang terlibat dalam persolan ini harus diproses sesuai hukum yang berlaku, dan yang kedua, Pemerintah desa panamboang segera membuat peraturan desa tentang keamanan dan ketertiban.

Dari dua poin kesepakatan bersama diatas perwakilan YBH Justice Indonesia Syafri Nyong,SH menegaskan kepada pihak kepolisian agar segera mengambil langkah cepat memproses tuntas secara hukum terhadap oknum yang telah membuat kekacauan ini

“Saya minta kepada pihak kepolisian agar menyelesaikan persoalan ini sesuai Hukum sehingga ada efek jera dan juga menjadi pelajaran bagi yang lain atau bagi kita semua khususnya masyarakat desa panamboang yang selama ini hidup berdampingan dua agama secara rukun dan damai, kami dari YBH Justice akan mengawal persoalan ini dirana hukum hingga tuntas” tegasnya Syafri Nyong,SH.

Ditambahkan kepala desa panamboang Herwanus Karlos meminta agar YBH Justice Indonesia juga mendampingi pemerintah desa dalam penyusunan peraturan desa tentang keamanan dan ketertiban desa panamboang.

“saya berharap kiranya YBH Justice Indonesia Cabang Hal-Sel mendampingi kami untuk segera membuat peraturan desa terkait kepentingan keamanan Dan ketertiban desa kita serta hal-hal lain yang perlu” Tutupnya Kepala Desa Panamboang Heriwanus Karlos. (OnFHI)