Beranda RAGAM DAERAH Kades Cidahu Bersama Warga Rapihkan Akses Jalan Wisata Adat Kawah Ratu

Kades Cidahu Bersama Warga Rapihkan Akses Jalan Wisata Adat Kawah Ratu

696
0
BERBAGI
Kepala Desa Cidahu, Asep Rustam (kanan) bersama warga saat meninjau lokasi akses jalan menuju wisata Adat Kawah Ratu

Sukabumi, (faktahukum.co.id) – Demi mewujudkan wisata adat Kawah Ratu, Pemerintah Desa Cidahu Bekerjasama dengan warga membenahi akses jalan menuju kawah ratu, meskipun akses menuju objek wisata tersebut sudah dibangun semenjak puluhan tahun lalu, namun warga masyarakat berupaya membenahi serta membuka jalan yang lebih lebar demi kenyamanan pengunjung nantinya.

Kepala Desa Cidahu, Asep Rustam mengungkapkan kepada wartawan faktahukum.co.id bahwa pembukaan jalan tersebut nantinya untuk memudahkan pengunjung menuju wisata adat kawah ratu. “Akses jalan itu sudah ada sejak dulu dan hari ini hanya membenahi jalan tersebut agar dapat dilalui dengan nyaman nantinya,” ungkapnya di lokasi wisata Javanaspa, Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (10/02/2018).

Ia juga memaparkan, “Kondisi desa tersebut sudah di plot menjadi Desa Wisata dengan luas hampir 40 Persen dari luar kecamatan, namun kata dia, sampai dengan saat ini Dinas Pariwisata saja belum berbuat apa – apa di desa tersebut. oleh karena itu kata dia, dirinya mengalami kesulitan untuk membangun desa dengan jumlah penduduk hampir 14,700 lebih.

“Dengan adanya kesempatan seperti ini maka kami akan memanfaatkannya untuk menjadikan desa ini menjadi desa wisata, dan ini jelas atas ijin dari PT. Perbakti selaku pemegang hak. Dan tentunya ini juga bukan untuk kelangsungan hidup saya pribadi, melainkan demi kebutuhan masyarakat banyak nantinya,” tutur kades.

Dengan demikian katanya, dirinya berharap ke depan jalur wisata ini bisa di kelola oleh masyarakat dan dapat bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) agar kata dia, selain ekonomi masyarakatnya meningkat Desa juga mempunyai penghasilan.

“Kedepannya harapan saya warga bisa bekerjasama dengan Bumdes, menyediakan armada khusus untuk menuju ke lokasi wisata adat Kawah Ratu tersebut, agar selain warga masyarakat mempunyai penghasilan tambahan juga perekonomian bumdesnya bisa lebih meningkat, dan itu merupakan upaya kami untuk memajukan desa dengan memanfaatkan potensi wisata yang ada,” tutupnya mengakhiri. (Ichsan)