Beranda RAGAM DAERAH Kabupaten Agam Gelar Pesta PORBI, Berburu Wisata Sumatera-Jawa

Kabupaten Agam Gelar Pesta PORBI, Berburu Wisata Sumatera-Jawa

963
0
BERBAGI

Agam, Sumbar, (faktahukum.co.id) – Persatuan Olahraga Berburu Babi (PORBI) Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menggelar pesta berburu wisata Sumatera dan Jawa untuk membasmi hama babi di daerah itu.

Seperti yang disampaikan Gusmardi, Ketua Pelaksana Porbi di Lubukbasung, pesta berburu babi ii melibatkan ribuan ekor anjing milik ratusan peserta dari 83 tim yang berasal dari Sumatera Barat, Riau, Jambi, Jakarta dan daerah lainnya. Minggu, (2/4/2018).

Menurutnya, masing-masing peserta ini paling sedikit membawa satu ekor anjing dan paling banyak delapan ekor. Seluruh anjing yang dibawa sudah divaksin. Selain itu, panitia juga menyediakan tiga lokasi untuk melepaskan anjing, masing-masing berada di Pasar Raba dengan jarak tempuh ke lokasi buruan sekitar 3 kilometer.

Diutamakan bagi peserta yang berasal dari luar Kabupaten Agam, pada umumnya anjing yang digunakan itu memiliki kemampuan yang sangat tinggi untuk mengejar babi. Sedangkan lokasi kedua, berada di Belo-belo dengan jarak tempuh ke lokasi buruan sekitar 1,5 kilometer. Selanjutnya lokasi ketiga di Rimbo, Nagari Koto Kaciak dan lokasi itu merupakan pusat kegiatan. Dengan memakai Sistim berburu cara reli dan tradisional.

Olah raga ini diselenggarakan dalam rangka untuk membasmi hama babi hutan di lahan pertanian dan perkebunan milik warga. Selain itu, sekalian memeriahkan pelantikan PORBI Nagari Koto Kaciak, mempromosikan keindahan Koto Kaciak atau Danau Maninjau ke peserta. “Kegiatan ini akan kita gelar setiap tahunnya, sehingga hasil pertanian dan perkebunan milik warga terhindar dari hama babi hutan,” kata Gusmardi.

Zul, salah seorang peserta berburu babi dari kota Padang mengungkapkan, pesta berburu wisata ini sangat ramai diikuti pecandu berburu babi hutan di Sumbar. Sebelum ini katanya ia melakukan berburu babi di Kabupaten Solok beberapa bulan lalu. “Ini merupakan event besar berburu babi kedua setelah Solok, selama saya mengikuti kegiatan ini,” ujarnya.

Kaur Bin Ops (KBO) Satuan Bimmas Polres Agam, Iptu Zakiruddin memberikan apresiasi kepada PORBI Nagari Koto Kaciak dan masyarakat setempat yang telah mengelar kegiatan tersebut.

“Kita berharap kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun, karena kegiatan ini bisa membasmi hama babi hutan, ajang silaturahmi, mempromosikan daerah dan lainnya,” katanya. (Zamzami)