Beranda RAGAM DAERAH Jelang Popprov Kalteng, IPSI Barut Seleksi Pesilat Pelajar

Jelang Popprov Kalteng, IPSI Barut Seleksi Pesilat Pelajar

256
0
BERBAGI

Barito Utara – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Barito Utara (Barut) menggelar seleksi atlet bagi pelajar di halaman gedung olahraga (GOR) Jalan Pramuka Muara Teweh pada Minggu 22 Mei 2022. Seleksi atlet bagi pelajar tersebut dalam rangka persiapan Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (PopProv) Kalimantan Tengah tahun 2022.

Kegiatan seleksi diikuti oleh beberapa perguruan pencak silat yang ada di beberapa kecamatan, yaitu Kecamatan Teweh Tengah di wakili 10 orang pesilat, Kecamatan Teweh Baru diikuti 3 (tiga) orang pesilat, Kecamatan Teweh Selatan diikuti 8 (delapan) orang pesilat dan Kecamatan Teweh Timur diikuti 3 (tiga) orang pesilat.

Ketua Umum IPSI Kabupaten Barito Utara, Nuriyanto didampingi Sekretaris Umum IPSI, Asharil Permadi mengatakan bahwa pelajar merupakan bagian potensial di bidang pembangunan olahraga, dan dalam rangka mempersiapkan Kabupaten Barito Utara dalam menghadapi PopProv Kalteng di Palangaka Raya, dan Pra Popnas XVI di Kalimantan Selatan serta Popnas di Sumatera Selatan pada bulan Agustus dan September 2022.

“Maka dilaksanakanlah seleksi Popprov tingkat Kabupaten Barito Utara, sebagai ajang seleksi dan evaluasi hasil pembinaan olahraga pencak silat di daerah ini,” kata Nuriyanto, Senin (23/5)

Dikatakannya, tujuan dilaksanakannya kegiatan seleksi atlet pencak silat pada PoProv tahun 2022, tingkat kabupaten Barito Utara ini adalah untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan anak bangsa.

Selain itu kata dia, mengukur pembinaan prestasi olahraga pelajar khususnya cabang olahraga pencak silat di tingkat Kabupaten Barito Utara, memotivasi dan mengoptimalkan pengembangan potensi atlet pelajar pencak silat Barito Utara untuk mengikuti kompetisi di jenjang tingkat selanjutnya.

Untuk perguruan pencak silat yang mengikuti ajang seleksi adalah, perguruan silat Macan Kumbang, Tapak Suci, PSHT, Persinas, Asad dan IKSPI, dengan total pesilat berjumlah 29 orang, terdiri dari 20 orang putera dan 9 (sembilan) orang puteri.

Dikatakan Nuriyanto, dalam seleksi Porprov ini dipertandingan kelas tanding A-1 putera, A-H puteri, serta kategori seni tunggal ganda dan regu, untuk kategori seni tunggal diikuti 3 pesilat putera dan 3 pesilat puteri.

“Untuk seleksi atlet putera dan puteri yang juara di tiap kelasnya, selanjutnya akan diikutkan dalam Tecnical Center (TC) atau pemusatan latihan yang dilaksanakan oleh IPSI Barito Utara sampai tiba waktunya diberangkatkan ke Palangka Raya, untuk mewakili cabang olahraga pencak silat di ajang Poprpov tahun 2022 tanggal 27 Juni hingga 3 Juli 2022,” katanya. (@lie/Tim).