Beranda POLITIK Idham – Jaya Akan Berikan Bantuan Alat Berat Sebagai Solusi Dari Larangan...

Idham – Jaya Akan Berikan Bantuan Alat Berat Sebagai Solusi Dari Larangan Bakar Hutan dan Lahan

820
0
BERBAGI
ilustrasi alat berat excavator. (foto : Ist)

Pulang Pisau, (faktahukum.co.id) – Pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati Pulang Pisau nomor urut satu, H.Idham Amur dan H.Ahmad Jayadikarta (Idham-Jaya) telah sosialisasikan visi dan misi unggulan yang di tawarkan untuk semua masyarakat Kabupaten Pulang Pisau.

Cabup Pulpis, H. Idham Amur, S.H, M.Si

Salah satu program unggulan yang akan direalisasikan pihaknya apabila diamanahkan memimpin Kabupaten Pulang Pisau 5 tahun ke depan itu antara lain memberikan bantuan alat berat (excavator) di setiap Kecamatan di seluruh Kabupaten Pulang Pisau.

Saat diwawancarai wartawan faktahukum.co.id di rumah kediamanya, Kamis, (22/02/2018) kemarin, Idham panjang lebar menjelaskan tentang beberapa program yang dipastikan akan dilaksanakanya sebagai solusi larangan membakar hutan atau lahan bagi warga masyarakat di wilayah Kabupaten Pulang Pisau.

“Saat ini yang menjadi permasalahan utama bagi masyarakat adalah belum adanya solusi dari larangan membakar lahan, sehingga para petani dan pekebun tidak bisa berbuat apa-apa, ini kan masalah serius yang harus dijawab oleh pemerintahan,” ungkapnya.

Menurutnya, sejak dirinya masih duduk di Bangku DPRD sebagai Wakil Ketua II, permasalahan larangan membakar sudah menjadi bahan pemikiranya serta menjadi pekerjaan rumah (PR) serius yang harus segera ditangani, agar tidak ada kendala bagi masyarakat, khususnya para petani dan pekebun.

“Mengingat sumber dana APBD Kabupaten kita saat ini mencapai angka triliunan rupiah, saya rasa cukup untuk membantu mengadakan alat berat di setiap Kecamatan, dan tentunya alat berat itu akan selalu stanby di tempat dan difungsikan untuk membantu masyarakat di setiap daerah dalam rangka memudahkan masyarakat membuka lahan pertanian atau perkebunan tanpa harus dengan cara membakar lahan, program ini akan menjawab keluhan masyarakat selama ini,” jelas Idham Amur.

Terpisah, salah seorang tokoh masyarakat Desa Anjir, Pulang Pisau, Helsuni (60) saat dibincangi wartawan faktahukum.co.id terkait program yang akan direalisasikan Paslon Idham-Jaya, menyambut baik dan lega dengan visi dan misi yang sudah tersiar dan merebak di masyarakat.

“Pemimpin seperti inilah yang kita tunggu-tunggu sejak dahulu, Pemerintah selama ini hanya tahu melarang keras untuk membakar lahan. Namun belum bisa memberikan jalan keluarnya. Kami harap program Idham-Jaya terwujud, dengan demikian warga masyarakat hidupnya yang tergantung dari hasil bumi mendapat angin segar,” terangnya.

Selain memberikan solusi menurut Helsuni, tingkat keberhasilan dan kebersihan lahan jauh lebih baik daripada menggarap lahan secara manual menggunakan pisau dan alat tani lainya.

“Kalau lahan itu digarap dengan alat berat dibandingkan hanya dengan menggunakan pisau tentu hasilnya jauh berbeda, biasanya setelah dibersihkan dengan excavator, selama 6 sampai 7 bulan lahan tetap bersih dan lebih terjaga, tanpa harus membeli Herbisida lagi,” tuturnya.

Selain Helsuni, tokoh warga Kecamatan Jabiren Raya yang biasa dipanggil awat ini juga mengungkapkan hal yang serupa walau berbeda kalimat.

“Setahu saya H. Idham itu orangnya sudah tidak asing lagi masuk hutan keluar hutan, beliau sudah meraskan pahit getirnya bagaimana petani bekerja di hutan. Karena beliau adalah sosok seorang yang pekerja keras, tentunya sudah dipastikan fisik beliau di atas rata-rata orang lain yang sebaya beliau. Kan kita perlu pemimpin yang tahu bagaimana kondisi masyarakat sebagai petani,” ujarnya.

Lebih jauh tokoh Senior Jabiren Raya ini mengungkapkan dukungannya terhadap H. Idham Amur sebagai calon Bupati Pulang Pisau. “Intinya tidak diragukan lagi kami sekeluarga mendukung penuh pasangan Idham-Jaya, semoga saja harapan kami terwujud,” pungkasnya. (Rd)