Beranda RAGAM DAERAH Hujan Lebat di Cibeber Akibatkan Longsor dan Banjir

Hujan Lebat di Cibeber Akibatkan Longsor dan Banjir

81
0
BERBAGI

Lebak-Banten, (faktahukum.co.id) – Hujan lebat yang mengguyur Kecamatan Cibeber, pada sabtu sore (21/11/20), mengakibatkan tebing di pinggiran sungai Cimanggu, longsor serta menyebabkan tertahannya aliran sungai Cimanggu, yang mengakibatkan banjir.

Banjir tersebut karena tanah longsoran menahan aliran sungai sehingga air sungai meluap dan memasuki pemukiman warga di Kp. Ciherang, Desa Ciherang, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak.

Akibatnya, salah satu rumah warga milik Suha, mengalami rusak, serta kolam ikan dan lumbung padi miliknya ikut terbawa luapan air.

“Selain itu, kerusakan rumah juga terjadi pada rumah Jumria, yang mengalami rusak berat, dan 3 rumah rusak ringan yaitu milik Sandi, Sardi dan Hasan,” kata Suha.

Ia menambahkan, selain kerusakan rumah, banjir yang disebabkan oleh meluapnya sungai Cimanggu, juga mengakibatkan 3 Kolam empang milik Juha, terbawa luapan air serta lumbung padi milik Juha dan Ida, juga terbawa arus,” pungkas Suha.

Kapolres Lebak, AKBP Ade Mulyana, S.I.K., mengatakan, pada sabtu sore telah terjadi hujan lebat di wilayah Cibeber, yang mengakibatkan terjadinya longsor di pinggiran tebing sungai Cimanggu, dan menahan aliran sungai Cimanggu, sehingga terjadi banjir.

“Akibat banjir yang diakibatkan air sungai yang meluap ke pemukiman warga, mengakibatkan beberapa rumah milik warga kampung Ciherang, mengalami kerusakan, diantaranya 1 rumah rusak berat dan 3 rumah rusak ringan,” papar Ade.

Sementara di tempat terpisah, Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi, menyampaikan, bahwa dari Polsek Cibeber dibantu dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten, Aparat desa dan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) telah melakukan langkah-langkah cepat untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir, serta memberikan bantuan,” tutur Edy.

Edy juga menghimbau, kepada masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati, terutama bagi warga yang rumahnya dekat dengan sungai dan tebing, karena di bulan November dan Desember ini sesuai prediksi BMKG curah hujan akan meningkat,” tutupnya.

Penulis: Putra. Editor: Ade’ M.