Home BISNIS Hampir Rata Proyek di Kab Pulpis Dikuasi Perusahaan Luar, Kemana Kontraktor Lokal?

Hampir Rata Proyek di Kab Pulpis Dikuasi Perusahaan Luar, Kemana Kontraktor Lokal?

582
0
SHARE

Pulang Pisau, (faktahukum.co.id) – Sebuah fakta yang belum banyak diketahui oleh masyarakat Kabupaten Pulang Pisau, khususnya warga masyarakat kelas menengah kebawah yang awam tidak mengerti arti dari sebuah program, bahkan nihil dalam memperhitungkan roda perekonomian di daerahnya.

Salah satu hal yang belum terkuak ke permukaan akhir-akhir ini adalah suksesnya para rekanan/kontraktor dari luar daerah yang berkecimpung di dunia bisnis (proyek) di Kabupaten Pulang Pisau. Entah apa dan bagaimana prosesnya sehingga sebagian besar kegiatan proyek sarana dan prasarana didominasi oleh perusahaan luar daerah Pulang Pisau.

Berdasarkan pantauan media ini, dari tahun 2016 hingga tahun 2018, sebagian besar pembangunan jalan dan jembatan di Kabupaten pemekaran (Pulang Pisau) hampir dilaksanakan oleh perusahaan yang berdomisili dari luar daerah, kebanyakan dari Kapuas dan Palangkaraya.

Seperti salah satu rekanan kontraktor lokal, sebut saja mr.”M”, mengaminkan bahwa pihaknya selaku rekanan lokal hanya diberi proyek berkisar standar, kebanyakan penunjukan langsung (PL).

“Itupun sukur-sukur dikasih kerjaan, kalau tidak ya tambah fatal lagi kan,” ungkapnya kepada wartawan fakathukum.co.id, Rabu, (25/4/2018).

Lebih jauh mr.M mengatakan bahwa fakta yang ada dilapangan memang demikian adanya.
“Coba saja cek ke lapangan. Pekerjaan proyek yang memiliki angka miliaran rupiah sebagian besar dilaksanakan oleh kontraktor luar, khususnya dari Kuala Kapuas dan Palangkaraya,” ujarnya lebih lanjut.

Dirinya berharap agar hal itu diperhatikan oleh Pemkab Pulang Pisau, mengingat pentingnya pemberdayaan kontraktor secara merata. (RD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here