Home RAGAM DAERAH Gunakan DD, Pemdes Pendreh Bangun Pasar Desa

Gunakan DD, Pemdes Pendreh Bangun Pasar Desa

84
0
SHARE

Barito Utara.Kalteng (faktahukum.co.id)-Guna mengatur aktifas jual beli didesanya sehingga tidak mengganggu fasilitas umum dikarenakan dagangan digelar di bahu maupun badan jalan. Kepala Desa Pendreh, Kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah, Sugian mengalokasikan dana desa (DD) tahap I Tahun 2019 untuk membuat turap dan pondasi pembangunan pasar desa.Selasa (18/6/19).”Ungkap Kades saat ditemui diruang kerjanya.

Menurutnya, selama ini di Desa Pendreh tidak ada pasar, sehingga saat hari senin (saat pasar mingguan), para pedagang yang memang kebanyakan dari luar desa menggelar dagangannya di jalanan dan mengganggu aktifitas pengguna jalan lainnya.

“Untuk tahap pertama pembangunan pasar desa ini, kami mengalokasikan anggaran sekitar Rp 243 juta,untuk pembuatan turap beton dan pondasi bangunannnya,” ungkap Sugian.

Selain membangun pasar desa, untuk tahun 2019 ini Pemdes Pendreh juga membangun Poskamling sebanyak 5 unit yang tersebar di lima Rukun Tetangga (RT), pembuatan sayap jembatan serta pengadaan alat pemadam kebakaran dan pemasangan jaringan pipa air bersih.

“Dari beberapa item pekerjaan tersebut, program prioritas kami Pemdes Pendreh adalah pembangunan pasar desa, mudah-mudahan bisa selesai akhir tahun ini, karena tahun 2020 mendatang kami akan menjadi tuan rumah lomba desa tingkat Kecamatan Teweh Tengah, salah satu syaratnya adalah adanya pasar desa,” jelas Sugian.(@lie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here