Beranda RAGAM DAERAH Gubernur dan Bupati Dampingi Presiden Serahkan 375 Sertifikat Tanah Warga

Gubernur dan Bupati Dampingi Presiden Serahkan 375 Sertifikat Tanah Warga

401
0
BERBAGI

Kendari, (fakatahukum.co.id) – Presiden Republik Indonesia (RI), Ir. Joko Widodo di dampingi Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, dan Bupati Konawe Selatan (Konsel) H. Surunuddin Dangga menyerahkan 375 sertifikat tanah gratis kepada warga Konsel, dengan rincian 275 untuk warga Kecamatan Konda dan 100 bagi warga Kecamatan Ranomeeto, Sabtu (2/3/19) kemarin.

Acara penyerahan di Gedung Olahraga Bahteramas Kendari ini turut di hadiri dan di saksikan Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen Surawahadi, Sekjen Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) BPN RI, Himawan Arif S, Wakil Gubernur, Lukman Abunawas, Kapolda Sultra, Brigjen Pol Iriyanto, serta 17 Bupati/Walikota dan Kepala Kantor Pertanahan se-Sultra.

Presiden RI, Jokowi yang hadir mengenakan jaket bomber kekinian, dalam kesempatan tersebut usai menyerahkan sertifikat ke 12 Kab/Kota perwakilan lainnya, menjelaskan bahwa sertifikat yang di berikan secara gratis selain merupakan tanda bukti hak hukum atas tanah, juga untuk mencegah sengketa tanah yang timbul baik antara warga maupun pemerintah akibat lahan yang belum memiliki sertifikat. Yang selalu di dengarnya saat berkunjung kedaerah-daerah, sehingga dirinya memutuskan pemberian sertifikat di percepat.

“Tahun 2018 telah terealisasi 9.4 juta sertifikat dari target 7 juta, dan target di tahun 2019 sebanyak 9 juta yang harus tersertifikat, olehnya itu saya perintahkan kepada BPN agar program ini di percepat dengan tujuan menyelesaikan 126 juta tanah se- Indonesia sebelum Tahun 2025,”tandasnya.

Ia juga menitip pesan kepada para penerima sertifikat agar menjaga sebaik2nya aset tersebut, adapun jika ingin memamfaatkan sebagai agunan usaha sekiranya menghitung terlebih dahulu kemampuan dan kondisi usaha apakah dapat menunjang pembayaran cicilan nantinya.

Jokowi juga menambahkan, agar di tahun politik saat ini, warga tidak mudah percaya berita yang memfitnah dirinya, apalagi ikut menyebar berita hoax tersebut. Alangkah baiknya tetap menjaga persatuan dan mempererat silahturahmi dengan prinsip kita semua bersaudara.

Sementara itu Bupati Konsel, Surunuddin Dangga dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas perhatian Presiden kepada masyarakat di daerah Konsel dengan membagi-bagikan sertifikat tanah secara cuma-cuma, yang menurutnya merupakan salah satu bukti kepedulian dan kinerja positif seorang pemimpin yang di dambakan khalayak umum.

Mantan Ketua DPRD Konsel ini berharap, agar program keagarariaan seperti ini bisa terus berlanjut dan di tingkatkan jumlah penerimanya, yang mana, juga sejalan dengan program kerja Pemda yang tertuang dalam RPJMD yakni mewujudkan masyarakat sejahtera yang asetnya aman dan memiliki kekuatan hukum sehingga terhindar dari sengketa agraria kedepan.

Serta tanda bukti yang memiliki nilai yang dapat di mamfaatkan sebagai modal usaha untuk menopang perekonomian warga.

Selain itu, pungkas Surunuddin,”Kita juga berharap dukungan penuh pada asfek pembangunan lainnya, utamanya prioritas percepatan pembangunan infrastruktur sebagai bagian untuk mendorong peningkatan kesejahteraan rakyat hingga ke pelosok Desa sekalipun menuju terwujudnya Desa Maju Konsel Hebat,”tuturnya.

Sedangkan, Sekjen Kementrian ATR BPN, Himawan mengatakan bahwa secara keseluruhan ada 2.010 setifikat yang di serahkan kepada warga Sultra pada hari ini, yang merupakan program reformasi agraria untuk masyarakat agar mendapatkan kepastian hukum pada setiap bidang tanah yang ada di seluruh indonesia, yang akan di selesaikan pemetaan dan sertifikasinya sebelum Tahun 2025, dengan dukungan penuh Pemerintah Daerah bersama Badan Pertanahan Nasional di masing-masing wilayah kerja.

“Tentu dibarengi dengan peningkatkan pelayanan di semua lini,”tambahnya.

“Sehingga jika ada kekeliruan atau sesuatu hal yang menghambat setiap warga dapat menghubungi langsung Kepala Pertanahan atau Kantor BPN tanpa ragu untuk dibantu pemecahan solusinya termasuk pendampingan pemberdayaan masyarakat dalam menunjang perekonomian,”paparnya.

“Kita berharap sertifikat ini bisa di jaga dan dimamfaatkan untuk kepentingan usaha, tapi terlebih dahulu diperlukan kehati2an dalam menghitung kemampuan dan penggunaannya dengan menghindari hal2 yang bersifat konsumtif,”ucap Himawan.

“Jadi, Selamat atas pemberian sertifikatnya, kita bersyukur warga dapat menerima bantuan ini karena telah diberikan kepastian obyek dan kepastian hukum oleh pemerintah dari bidang tanah yang tertuang dalam sertifikat. Sekaligus  menjadi modal dasar untuk meningkatkan kesejahteraan,” tandasnya.

Tempat yang sama, Gubernur Sultra, Ali Mazi dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Presiden dan Ibu Negara beserta rombongan di Bumi Anoa, sembari berdoa keselamatan dan kesehatan bagi keduanya agar dapat terus bekerja dan berkarya demi masa depan bangsa yang lebih baik.

Ia juga mengatakan,”Kedatangan Presiden sekaligus menjawab kerinduan dan keinginan sekian lama warga Sultra untuk bertatap muka langsung, dan kita semua berharap semoga kehadiran bersama rombongan dapat memberi berkah dan semangat baru bagi masyarakat Sultra yang kaya akan potensi SDA dan SDM yang nantinya terus bekerja dan bersaing dengan Provinsi lain di Indonesia,”pungkasnya.

Reporter: Edison