Beranda NASIONAL Fajar Paper, Kembali Salurkan Dana CSR Pendidikan dan Bangun Sumur Air Bersih

Fajar Paper, Kembali Salurkan Dana CSR Pendidikan dan Bangun Sumur Air Bersih

52
0
BERBAGI

Kab. Bekasi – Sebagai salah satu wujud kepedulian PT. Fajar Surya Wisesa, Tbk (Fajar Paper) terhadap lingkungan sekitar, baru-baru ini telah selesai dilakukan 2 (dua) agenda kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility), sebagai bagian dari perwujudan tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat sekitar.

Diantaranya kegiatan dibidang pendidikan dan juga kegiatan untuk peningkatan kesehatan masyarakat melalui tim CSR-Fajar Paper selaku pelaksana kegiatan di lapangan, Selasa (23/11/21).

Kegiatan CSR dibidang Pendidikan dilakukan dengan pembagian paket buku dan alat tulis. Agenda kegiatan ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu dan berkelanjutan, sehingga sudah menjadi agenda tetap dari Fajar Paper.

Seperti pelaksanaan di tahun ini, selama bulan September-Oktober Fajar Paper telah membagikan paket buku dan alat tulis sesuai target yang ditetapan oleh pihak management perusahaan yaitu sejumlah 17.000 paket untuk siswa/i di 53 Sekolah Dasar (SD) yang tersebar di 13 desa.

Seperti Desa Kalijaya, Desa Sukajaya, Desa Sukadanau, Desa Suka asih, Desa Sukadarma, Desa Sukamanah, Desa Sukamulya, Desa Harjamekar, Desa Tanjung Sari, Desa Pasir Gombong, Desa Karang Asih, Desa Sukawijaya, dan Cikarang Kota.

H. Zubastian, selaku perwakilan manajemem Fajar Paper mengatakan, bahwa semua itu adalah salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan.

“Bantuan ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dan kepedulian perusahaan di bidang Pendidikan, terutama dalam keadaan menghadapi situasi ekonomi sulit paska pandemic seperti saat ini,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Tim CSR-Fajar Paper mendapat respon yang sangat positif dari para guru, orang tua murid dan juga para siswa-siswi.

Tanggapan respon positif inilah yang menjadi penyemangat seluruh tim CSR-FajarPaper yang ikut peran serta dalam konteks berbagi kepada masyarakat dalam rangka perwujudan tanggungjawab perusahaan.

Aang Kunaefi selaku guru sekolah SDN Kalijaya 02 Cikarang Barat mengatakan, Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat yang diberikan melalui FajarPaper yang senantiasa mengingat murid-murid dan para guru di sekolah terutama yang berada sekitar perusahaan.

“Atas apa yang telah diberikan FajarPaper kepada kami yaitu memberikan bantuan berupa alat tulis dan seragam guru, juga sebelumnya FajarPaper merenovasi sekolah kami dan juga sekolah lainnya. Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih walaupun dalam kondisi pandemi seperti ini perusahaan tidak melupakan warga disekitarnya dan semoga FajarPaper bertambah sukses dan jaya amin,” tuturnya.

Hal serupa juga dikatakan Ucun S.Pd kepala sekolah SDN Kalijaya 01 Cikarang Barat mengungkapkan, saya mengucap syukur dan ingin menyampaikan rasa terima kasih saya kepada FajarPaper, karena SDN Kalijaya 01 tahun ini selain mendapatkan bantuan paket alat tulis dan seragam guru juga renovasi sekolah.

Baik renovasi kelas, perpustakaan, mushola, toilet dan pagar juga dibuatkan sumur air bersih yang sangat kami butuhkan dalam kegiatan belajar mengajar yang sudah dilakukan secara offline yang bergantian yaitu pagi dan sore,” ungkapnya.

Selain bantuan di bidang pendidikan, FajarPaper juga telah melakukan kegiatan CSR untuk Kesehatan masyarakat, yaitu dengan membangun 3 (tiga) titik sumur air bersih guna membantu masyarakat dalam peningkatan kesehatan melalui pemenuhan kebutuhan air bersih.

Hal ini menjadi perhatian Fajar Paper, setelah melihat pemenuhan kebutuhan air bersih dalam keseharian masyarakat yang belum tercukupi. Dimana kekurangan air bersih ini telah membuat banyak warga sekitar harus mencari sumber air di daerah lain untuk kebutuhan memasak, mandi, mencuci baju dan kegiatan lainnya.

Kondisi inilah yang akhirnya membuat perusahaan mengalokasikan kegiaatan CSR nya untuk pengadaan air bersih.

Setelah dilakukan koordinasi dengan pemerintahan desa serta survey langsung ke lapangan, maka dilakukan pembangunan 3 (tiga) titik sumur air bersih untuk warga di Desa Kalijaya dan Desa Harjamekar. Hal ini juga bentuk nyata kepedulian dan wujud tanggungjawab sosial dari FajarPaper kepada masyarakat sekitar perusahaan.

Dikatakan juga Dede Sulaeman selaku Kepala Desa Kalijaya, selama ini secara kontinu sembako untuk penanggulangan Covid-19 yang selalu diidistribuksikan kepada warga Kalijaya oleh Fajar Paper, dan sekarang bantuan sumur air bersih ini kembali dibangun untuk bisa dimanfaatkan kepada warga kami khususnya yang masih kekurangan air bersih.”

“Semoga apa yang sudah dilakukan oleh FajarPaper ini bisa menjadi contoh untuk perusahaan lainnya yang ada di Kabupaten Bekasi, dan doa kami semoga FajarPaper terus maju dan sukses selalu,” harapan dan Do’a Kades Kalijaya.

Fajar Paper secara terus menerus akan memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui Tim CSR-Fajar Paper, baik untuk kemajuan dunia pendidikan maupun kepedulian menjaga kelestarian lingkungan hidup serta kehidupan sosial keagamaan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Bekasi.

Melalui berbagai agenda kegiatan CSR yang dijalankan seperti: pembagaian Zakat, bantuan hewan kurban, renovasi sekolah, bantuan sembako, bantuan bencana alam, santunan anak yatim piatu, bantuan alat tulis, seragam guru, bantuan terhadap penanggulangan Covid-19 dan bantuan lainnya.

Tentang PT Fajar Surya Wisesa Tbk
PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FajarPaper) adalah salah satu produsen kertas kemasan terkemuka di Indonesia dengan kapasitas produksi gabungan terpasang lebih dari 1,5 juta ton per tahun.

Didirikan pertama kali sebagai perseroan terbatas pada tanggal 29 Februari 1988, kemudian status perusahaan berubah menjadi perusahaan terbuka setelah terdaftar di Bursa Efek Jakarta sejak tanggal 19 Desember 1994 (FASW.JK).

FajarPaper adalah perusahaan masa depan, terutama dalam hal cara berpikir ke depan yang diterapkan dalam menjalankan usahanya, yaitu melalui konservasi energi dan lingkungan di sekitar perusahaan berada.

Setiap produk yang dihasilkan, berasal dari 100% kertas daur ulang dan sebagian besar kebutuhan energi untuk mesin-mesin kertas dapat dipenuhi sendiri melalui pembangkit listrik yang dimiliki Perseroan.

Penulis : Hend