Beranda HUKRIM Embat Perhiasan Emas dan Uang Puluhan Juta di Rumah Tante Tirinya, ASA...

Embat Perhiasan Emas dan Uang Puluhan Juta di Rumah Tante Tirinya, ASA Ditangkap Polisi

118
0
BERBAGI

Muara Teweh-Kalteng, (faktahukum.co.id) – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Barito Utara (Barut) mengamankan seorang pemuda berinisal ASA (19), Warga Jalan Pangeran Antasari, Kelurahan Melayu, Kecamatan Teweh Tengah, Barito Utara, Rabu (14/10/2020) pagi, diduga telah mencuri perhiasan emas dan uang puluhan juta dirumah tak berpenghuni milik NH (65), yang merupakan tante tirinya.

Kapolres Barut AKBP Dodo Hendro Kusuma SIK melalui Kasat Reskrim AKP M Tommy Palayukan SIK membenarkan pihaknya telah mengamankan seseorang diduga pelaku pencurian di rumah korban NH.

“Korban mengalami kerugian Rp 29,8 juta lantaran perhiasan emas dan uang miliknya di dalam lemari hilang di curi pelaku,” kata Kasat Reskrim kepada wartawan, Rabu (14/10/20) malam.

Menurut Tommy, pada Senin (12/10/20), polisi menerima laporan tindak pidana pencurian yang TKP nya di seberang Langgar Nurul Amal Jalan Pangeran Antasari, Kelurahan Melayu, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara.

Diketahui Korban memang lama tidak tinggal dirumahnya karena sering sakit-sakitan dan numpang di rumah keluarga lain. Saat pulang kerumah dirinya kaget karena kunci lemari yang sebelummnya hilang ada ditempatnya. la penasaran lalu membuka lemari.

Ketika melihat isi lemari, ternyata perhiasan jenis kalung emas 99 seberat 15 (lima belas) gram, gelang emas 99 seberat 15 (lima belas) gram dan uang yang berada didalam kotak kurang lebih Rp 4 Juta, sudah raib.

“Saat ke TKP, anggota memang tidak menemukam kejanggalan, sebab rumah kosong itu, baik pintu, jendela dan lemari tidak mengalami kerusakan,” jelas Kasat Reskrim.

Korban mengaku, menitipkan kunci rumah kepada adiknya bernama Bawai. Setelah diselidiki, dugaan kuat mengarah kepada seseorang, yaitu ASA (pelaku) yang merupakan anak tiri dari adik korban.

Dari hasil interogasi anggota Unit Buser ke saudara Bawai (adik korban) diperoleh informasi pernah melihat uang sekitar Rp. 1 juta terjatuh dari celana pelaku dan mengambil uang tersebut seperti orang yang tergesa-gesa.

“Rabu pagi (14/10) pelaku kita tangkap dan ia mengakui telah melakukan pencurian kalung emas, gelang emas dan sejumlah uang milik korban,” ungkap Tommy.

Pelaku mengakui perbuatannya atas pencurian kalung emas dan sudah dijualnya. Sedangkan gelang emas di simpan di bangunan Wc umum Pasar Ipu Jalan Mangkusari, dan sudah berhasil diamankan polisi sebagai barang bukti.

“Pelaku dijerat pasal 363 Juncto pasal 362 KUH Pidana,” tutup Kasat Reskrim.

Penulis : @lie
Editor : Bonding Cs.