Lihatlah Ini
Lihatlah Ini
EKONOMIPENDIDIKAN

Dukung Kemandirian Santri, AQUA Mekarsari Kembangkan Program CSR ‘Pesantren Berkarya’

×

Dukung Kemandirian Santri, AQUA Mekarsari Kembangkan Program CSR ‘Pesantren Berkarya’

Sebarkan artikel ini
tim AQUA Mekarsari menginisiasi program ‘Pesantren Berkarya’ di salah satu pesantren.
tim AQUA Mekarsari menginisiasi program ‘Pesantren Berkarya’ di salah satu pesantren.

SUKABUMI – Untuk mendukung kemandirian kaum santri, AQUA Mekarsari menginisiasi program CSR yang bertajuk Pesantren Berkarya’. Program tersebut mengintegrasi antara pemberdayaan ekonomi berbasis pesantren dan program pemberdayaan masyarakat dengan budidayua bawang merah.

Program tersebut salah satunya dilaksanakan, di Pesantren Manba’un Nizhomiyah, Desa Kuta Jaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, telah dilakukan launching program ‘Pesan Bermakna’ (Pesantren Berkarya- Masyarakat Mandiri dan Sejahtera), Selasa (26/3/2024).

↓↓ Gulir untuk Melanjutkan ↓↓
Pasang Iklan Disini

Dalam sambutannya, Cacas Suwarna, Manager CSR AQUA Mekarsari mengatakan, Pesantren Mamba’un Nizhomiyah ini, adalah pesantren ke-3 yang telah Aqua bina dalam memberikan ilmu kewirausahaan kepada para santrinya.

“Setelah sebelumnya, AQUA Mekarsari juga membina pesantren Sirojuth Tholibin di Kampung Kubang, Desa Babakan Pari, dan pesantren Umdatul Falah di Kampung Papisangan, Desa Caringin, Kecamatan Cicurug,” kata Cacas.

BACA JUGA :   Jelang Natal dan Tahun Baru Pemkab Wajo Gelar Operasi Pasar

Cacas menambahkan, pihaknya memberikan dukungan dalam program ini, salah satunya dengan cara memberi bekal ilmu kewirausahaan khususnya dalam bidang peternakan ayam petelur, perikanan nila dan lele juga perkebunan sehat.

“Tujuannya, agar para santri setelah lulus nanti dari pesantren tidak hanya mumpuni dalam ilmu agama, tapi juga dapat mempunyai skill wirausaha yang baik untuk bekal masa depannya,” pungkas Cacas.

Menurutnya, pesantren adalah kearifan lokal dalam bidang pendidikan yang sudah terbukti sangat besar peranannya di masyarakat bahkan untuk Negara.

“Untuk itu, kami sangat peduli dan berupaya untuk membina pesantren-pesantren yang ada di sekitar wilayah operaional kami,” paparnya.

Di tempat yang sama, KH Endang Sanaaul Ahza, pimpinan Pondok Pesantren Mamba’un Nizhomiyyah yang juga menjabat sebagai Ketua MUI Kecamatan Cicurug, menyambut baik program kerja Pesantren Berkarya ini.

BACA JUGA :   Siswa SD di Bandung Raih Juara 1 Kompetisi Roket Air se Jawa Barat

“Saya berharap dengan program ini para santri dapat menambah ilmu pengetahuan di bidang kewirausahaan, selain ilmu agama yang dipelajari di pesantren untuk bekal hidupnya di masa depan, tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada AQUA Mekarsari yang mendukung program ini agar berjalan dengan baik dan berkesinambungan,” ucap Ustad Endang. (Ichsan Pribadi)

Faktahukum on Google News