Home BISNIS DPW Samade Sumut Resmi Lantik Ketua DPD Palas Dan DPD Paluta

DPW Samade Sumut Resmi Lantik Ketua DPD Palas Dan DPD Paluta

495
0
SHARE
Acara Pelantikan Ketua DPD Kabupaten Palas dan Ketua DPD Kabupaten Paluta SAMADE. Sabtu, (17/03/2018).

Sumatera Utara, (faktahukum.co.id) – Ketua DPW Samade Sumatera Utara, Indra Muda Pasaribu didampingi Sekjen DPW Sumut, Pahmi Tanjung, melantik Syarifuddin Tanjung sebagai DPD Kabupaten Paluta dan Junior Siregar sebagai DPD Kabupaten Palas itu dihadiri juga oleh Teguh Kurniawan, Ketua Koperasi Samade. Sabtu, (17/03/2018) silam.

Acara yang diselenggarakan di Caffee Sahabat Kopi di Kecamatan Portibi, Kabupaten Paluta, Sumatera Utara ini berlangsung dengan hikmat dan lancar. Pada kesempatan itu, dalam pemberian amanah kepada setiap DPD yang telah terpilih, Ketua DPW Samade sumut, Indra Muda Pasaribu menegaskan hendaknya setiap anggota asosiasi Samade yang telah bergabung dapat membuktikan bahwa asosiasi berdiri bukan untuk cendrung berpolitik mengikuti perlemen di pemerintahan.

Menurutnya, Samade terbentuk untuk sebuah wadah asosiasi petani sawit yang bergerak untuk memaksimalkan perawatan, penghasilan dan lainnya. Terutama berupaya untuk menjalin rasa persaudaraan antara sesama anggota demi mewujudkan kesejahteraan bersama. “Gerakan yang dilakukan dalam wadah klompok harus bersifat dari kita untuk kita,” ujar Indra.

Pada kesempatan itu, Pahmi Tanjung selaku Sekjen Samade DPW Sumut diberikan kesempatan untuk memberikan orasinya kepada DPD terpilih agar dapat memberikan pengertian dan penjelasan di kalangan petani sawit yang ada di wilayah masing-masing agar dapat merangkul sebanyak-banyaknya sesama petani sawit.

“Petani sawit yang ada di Sumatra Utara masih tergolong rendah penghasilannya dibanding luas lahan yang dikelola masyarakat. Melihat perkembangan itu, asosiasi yang terlahir untuk memperbaiki wadah persawitan di Sumut, mampu untuk berbuat sesuatu untuk kemajuan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Koperasi Samade, Teguh Kurniawan, memberikan semangat besar untuk berjuang mempertahankan profesi masing-masing sebagai petani sawit yang mempunyai kualitas handal yang bisa bersaing dengan hasil pertanian PTPN dan Negara lain.

“Hadirnya Koperasi Samade tidak bisa dipisahkan, dan berkembangnya asosiasi Samade agar saling bersatu padu untuk mewujudkan kualitas petani sawit yang professional. Penghasilan petani sawit adalah salah satu penyumbang devisa Negara yang terbesar. Berdasarkan itulah mari kita berdiri di atas kebun sendiri untuk mandiri dengan upaya kita sendiri,” ujarnya.

Dalam acara pelantikan itu, Ketua DPD Kabupaten Paluta, Junior Siregar menyempatkan diri berdiskusi mengenai akses kecambah atau bibit yang berkualitas (info petani minim-Red) dan harga pupuk yang mahal.

Ia berharap kepada seluruh jajaran kepengurusan Samade dapat memberikan jalan kemudahan untuk kebutuhan anggota samade di wilayah masing-masing daerah,

Sementara itu, Dpd Palas juga memberikan pernyataan jangan sampai petani Samade atau calon anggota Samade nantinya tidak mendapatkan akses dana dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) yang diperuntukkan peremajaan sawit karena sudah keduluan orang lain.

Di Sesi penutup, Pahmi Tanjung mengajak untuk membentuk Samade di tingkat DPC Kecamatan dengan target mengajak 1000 petani swadaya per Kabupaten sebagai dasar data untuk membawa petani swadaya menuju minyak sawit yang berkelanjutan agar mempunyai nilai tawar yang tinggi. (P.hsb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here