Home PENDIDIKAN Disdik Barut Gelar Olimpiade Sains Nasional Tingkat SD

Disdik Barut Gelar Olimpiade Sains Nasional Tingkat SD

93
0
SHARE

Muara Teweh, (faktahukum.co.id)  – Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara (Barut) melaksanakan kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) mata pelajaran IPA dan Matematika untuk jenjang SD/MI tingkat kabupaten tahun 2019, di Aula dinas Pendidikan setempat, Kamis (14/3) kemarin.

Kegiatan yang diikuti perwakilan dari 8 kecamatan dengan peserta sebanyak 25 orang ini dibuka secara resmi oleh kadis pendidikan DRS H Masdulhaq, MAp dan dihadiri Kepala Kementerian Agama Kabupaten Barut, H Tuaini Ismail, mewakili korwil pendidikan, kepala sekolah dan guru pendamping serta peserta didik SD/MI yang mengikuti lomba OSN Matematika dan IPA.

Dalam kesempatan tersebut, Kadisdik Drs H Masdulhaq mengatakan, bahwa OSN untuk peserta didik SD/MI ini diselenggarakan secara berjenjang. Tujuannya untuk memotivasi para peserta didik, guru, pengelola dan pembina pendidikan untuk berkompetitif secara sehat dengan mengedepankan sportifitas guna mencapai prestasi terbaik.

“Pelaksanaan OSN merupakan program nasional yang rutin dan telah dirintis sejak tahun 2003, merupakan salah satu wadah strategis untuk mengembangkan daya nalar, kemampuan memecahkan masalah kreativitas dan sportivitas siswa,” kata Masdulhaq.

Menurutnya, bahwa pelaksanaan OSN secara berkelanjutan akan berdampak positif pada peningkatan pembelajaran dan mutu pendidikan, sehingga siswa memiliki daya juang yang tinggi, kompetitif dan inovatif.

Penguatan mutu pendidikan di jenjang sekolah dasar merupakan pondasi yang amat penting bagi jenjang lebih tinggi, upaya penguatan harus ditempuh dengan mewujudkan pendidikan yang berorientasi pada peserta didik.

“Salah satu indikator peningkatan mutu pada suatu jenjang pendidikan adalah meningkatkannya kemampuan peserta didik dalam hal kemampuan berpikir kritis, daya nalar, kreativitas, sikap dan budi pekerti peserta didik,” ujarnya.

Terhadap peserta yang menjadi juara OSN, Masdulhaq berpesan, tetap lah terus mengasah kemampuan, dan persiapan diri ke jenjang berikutnya.

“Dan terhadap peserta yang dalam kesempatan ini belum berhasil menjadi juara agar tidak berkecil hati, tetapi harus terus belajar dan belajar, sehingga menjadi lebih cerdas dan lebih menguasai terhadap sains yang disenangi,” pungkasnya.

(Alie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here