Beranda KESEHATAN Desa Purwareja Ditunjuk Dinkes Sebagai ‘Siaga Kesehatan’

Desa Purwareja Ditunjuk Dinkes Sebagai ‘Siaga Kesehatan’

786
0
BERBAGI
Kepala Desa Purwareja, Yasin Farida berserta Seketaris Desa, Yanto, dalam pertemuan untuk tingkatkan pelayanan kesehatan

Lamandau, (faktahukum.co.id) – Dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat, Kepala Desa Purwareja, Yasin Farida adakan pertemuan bersama ibu PKK anggota pembagi honor, Selasa (12/12/2017). Dalam agenda pertemuan itu, Yasin Farida berharap kepada para kader ini dapat meningkatkan pelayanan Posyandu terhadap balita dan Lansia.

Seperti yang diungkapkan oleh Yasin Farida, “Dalam pelayanan Posyandu adalah layanan kesehatan untuk masyarakat. Kami dari Pemerintah Desa tetap selalu memberikan dukungan dalam mengedepankan pelayanan untuk masyarakat,” ujarnya.

“Alhamdulillah, untuk Balita dan Lansia, kini sudah tertata dengan baik dalam pelaksanaannya. Posyandu ini diadakan setiap bulan, dan kini masyarakat yang datang dalam setiap bulannya bertambah menjadi 70 orang dari sebelumnya hanya 50 orang. Masyarakat yang datangpun seperti balita, ibu hamil. Hal itu saya sampaikan kepada Kader,” ujarnya lebih lanjut.

Desa Purwareja ini adalah salah satu desa yang ditunjuk dari Dinas Kesehatan untuk menjadi Desa ‘Siaga Kesehatan’. Dalam pelaksanaan Siaga Kesehatan antara lain adalah mendata (survey)  secara langsung ke tiap lingkungan masyakarat sambil memberikan sosialisasi kesehatan. Dalam sosialisasi itu seperti jika ada ditemukan seperti masyarakat yang sedang sakit, para ibu hamil kurang sehat yang jarang memeriksa masa kehamilannya, agara dapat datang untuk memeriksa perkembangan masa kehamilannya secara rutin.

“Untuk pemeriksaan orang Lanjut Usia, rutin diadakan setiap tanggal 20 dalam setiap bulannya, dan untuk Balita diadakan setiap tanggal 10 di setiap bulannya,” ungkap Yasin Farida.

(sahwandi)