Lihatlah Ini
Lihatlah Ini
RAGAM DAERAH

Bupati Laksanakan Pemancangan Lanjutan Tiang Jembatan Sikan – Tumpung Laung

×

Bupati Laksanakan Pemancangan Lanjutan Tiang Jembatan Sikan – Tumpung Laung

Sebarkan artikel ini

Sugianto Panala Putra, Ketua DPRD Hj Mery Rukaini, Kajari, dan Sekda melakukan pemancangan tiang lanjutan pembangunan jembatan Sikan-Tumpung Laung, Kamis (25/5/2023) di Kecamatan Montallat.(foto:Istimewa).

 

↓↓ Gulir untuk Melanjutkan ↓↓
Pasang Iklan Disini

Barito Utara, Kalteng – Bupati barito Utara H Nadalsyah kembali kita melaksanakan pemancangan lanjutan tiang jembatan Sikan – Tumpung Laung Kecamatan Montallat, Kamis (25/5/2023.

“Ini adalah pemancangan tiang lanjutan, dan ini bagian dari redesain jembatan Sikan – Tumpung Laung. Kenapa ada proses redesain jembatan ini, karena kemarin pernah juga ada pemancangan tiang, hanya lebar 100 meter yang sering terjadi insiden ditabrak tongkang batu bara,” kata Bupati H Nadalsyah usai pemancangan tiang lanjutan pembangunan jembatan Sikan – Tumpung Laung.

Namun kata Nadalsyah, setelah dikaji, arus air di sini tidak merata, sehingga dari desain sebelumnya 100 meter menjadi 240 meter.

BACA JUGA :   Kapolres Gowa Apel Siaga Patroli Pengawasan Anti Politik Uang Dalam Rangka Pemilu 2019

“Jembatan ini nantinya tidak ada lagi tiang tengah dan mungkin jembatan ini merupakan jembatan terlebar bentangan nya di DAS Barito,” kata H Nadalsyah.

Kenapa jembatan ini dibangun oleh Pemkab Barito Utara. Karena kata Bupati, jembatan ini dibangun hanya semata-mata untuk keperluan masyarakat Kabupaten Barito Utara khususnya masyarakat Tumpung Laung di Kecamatan Montallat.

“Jembatan ini dibangun untuk memperpendek jarak tempuh masyarakat dari kecamatan Montallat menuju Ibukota Provinsi Kalimantan Tengah. Pada tahun 2017 kita sudah membuka jalan tembus ini, dan sekarang sudah bisa dilalui oleh masyarakat, dengan jarak tempuh sekitar 3,5 jam,” kata Nadalsyah.

Bupati Nadalsyah juga berharap nantinya ada pergantian pimpinan Kalimantan Tengah aspirasi masyarakat di DAS Barito ini bisa didengar.

BACA JUGA :   Mulai 1 Januari 2018, Setiap Sabtu Pegawai Pemkab Rembang Tetap Bekerja

Terus terang kata H Koyem panggilan akrab Bupati, jembatan ini seharusnya sudah selesai dibangun dan diresmikan oleh saya dan pak Wabup sebelum masa jabatan kami berdua berakhir, akan tetapi dikarenakan adanya janji dari Pemprov Kalteng untuk membantu pembangunan jembatan ini sehingga dibatalkan karena terpaut masalah dana.

Dan kata H Koyem lagi, pada awal tahun 2020-2021 pembangunan jembatan ini tertunda untuk pelaksanaannya karena adanya Covid 19. Sehingga anggaran untuk pembangunan jembatan ini dialihkan untuk pencegahan Covid-19.

“Alhamdulillah, pada tahun 2023 ini, atas doa warga masyarakat di kabupaten Barito Utara ini, anggaran Pemkab Barito Utara naik secara signifikan. Sehingga kita bisa menganggarkan kembali untuk pembangunan lanjutan jembatan Sikan–Tumpung Laung ini,” imbuhnya.

BACA JUGA :   PWI Kabupaten Bogor Kukuhkan 71 Anggota Baru

Koyem juga mengatakan, walaupun kami berdua pak Wakil Bupati sudah tidak menjabat lagi sebagai Kepala daerah dan Wakil kepala daerah, Kami mohon kepada Ibu Ketua DPRD dan seluruh anggota DPRD Barito Utara untuk melanjutkan dan menyetujui anggaran yang dimohon oleh Pj maupun pejabat definitif setelah kami nanti.

“Sehingga pada tahun 2024 dan 2025 akhir jembatan Sikan Tumpung Laung ini betul-betul fungsional dan dapat digunakan masyarakat luas. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada unsur pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Barito Utara yang telah menyetujui usulan Pemkab Barito Utara terkait dengan penganggaran terkhusus untuk infrastruktur,” kata Nadalsyah. (@lie/Tim).

Faktahukum on Google News