Home PENDIDIKAN Bupati Konsel Hadiri Upacara Penutupan Pendidikan Bintara POLRI Sultra

Bupati Konsel Hadiri Upacara Penutupan Pendidikan Bintara POLRI Sultra

74
0
SHARE

Konsel, (faktahukum.co.id) – Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, ST., MM di dampingi Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas), Muh Taufik Amin Lar, AP.,M.Si menghadiri Upacara Penutupan Pendidikan Pembentukan Bintara POLRI TA 2018/2019 di Sekolah Polisi Nasional (SPN) Anggotoa – Kabupaten Konawe, Senin (4/2/19) kemarin.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara yang sekaligus menutup pendidikan bintara yang telah di laksanakan selama 7 bulan, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra), Irjen Pol, Iriyanto, dimana kegiatan tersebut di hadiri para Kapolres se-Sultra dan perwakilan Unsur TNI AL dan AD.

Upacara di laksanakan dan di tandai dengan pengambilan sumpah kepada perwakilan siswa dari berbagai agama di dampingi rohaniawan masing-masing, serta penyematan tanda jabatan oleh Kapolda Sultra.

Dimana, 121 bintara di nyatakan lulus Diktub dan berhak menjadi anggota kepolisian Republik Indonesia dengan pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda) yang akan ditempatkan di berbagai kesatuan di bawah Polda Sultra. dan 1 orang di keluarkan karena melakukan pelanggaran.

“Kegiatan itu juga di isi dengan atraksi Siswa berupa seni Beladiri tangan kosong, dan memperagakan rappeling/cara turun tebing dengan cepat, serta kepiawaian menggunakan alat pertahanan diri  double stick besi.

Yang paling menarik dan menegangkan adalah menembak sasaran puluhan balon dari jarak jauh  dengan tidak memandang target langsung, tetapi hanya dilihat melalui cermin yang di simpan di popor senjata , dengan terlebih dahulu berlari mengelilingi lapangan dengan melewati berbagai rintangan, yang di ibaratkan menembak dalam keadaan posisi yang tidak menguntungkan atau di bawah tekanan.

“Patut kita sama-sama bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa (TYME), karena pendidikan bintara ini telah siswa ikuti dan selesaikan dengan baik, apalagi banyak yang bercita-cita menjadi anggota kepolisian untuk menegakkan hukum, menjaga kantibmas dan mengayomi masyarakat, tetapi hanya sebagian orang yang mendapatkan kesempatan ini,” kata Kapolda Sultra, Irjen Iriyanto saat menyampaikan sambutan penutupan kegiatan.

Olehnya itu, tandasnya, setelah menyandang pangkat Brigadir Polisi harus dapat menjunjung tinggi dan mengamalkan nilai Tri Brata dan Catur Prasetya dengan menjaga nama baik diri dan institusi, yang siap mengemban tugas dan amanah rakyat dan negara dengan sikap disiplin, ikhlas dan jujur, taat dan mampu menjaga rahasia negara serta terus mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan juga siap menjaga kantibmas.

Sementara itu, Bupati Konsel, Surunuddin Dangga, saat di wawancarai usai upacara penutupan, berharap bintara yang lulus mampu menjadi insan Polri yang diteladani rekan dan masyarakat yang memiliki wawasan luas dan kepribadian luhur, dengan selalu bertugas melayani serta mengayomi masyarakat dengan ikhlas tanpa pamrih.

Terkait adanya salah satu siswa yang berasal dari Konsel, Surunuddin berpesan agar kelak nantinya bisa kembali ke daerah asal untuk membantu menjaga dan membangun daerah, sekaligus sebagai penyemangat bagi remaja lain untuk mengikuti jejaknya dengan berbakti kepada daerah bangsa dan negara, serta berharap makin banyak lulusan sekolah yang dapat mengikuti seleksi dan pendidikan kepolisian seperti ini.

Untuk di ketahui, selain para pejabat lingkup Pemerintah Daerah dan Kepolisian yang hadir, di sebelah kanan dan kiri tribun utama upacara tampak ratusan orang tua bintara turut mengikuti upacara penutupan dengan khidmat dan tertib serta ikut menyaksikan peragaan atraksi,”tandasnya.

Reporter: Edison

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here