Beranda RAGAM DAERAH Bupati Konsel Hadiri Giat KLA Inisiasi DP3A

Bupati Konsel Hadiri Giat KLA Inisiasi DP3A

699
0
BERBAGI

Konsel, (faktahukum.co.id) – Bupati Konawe Selatan (Konsel) Surunuddin Dangga menghadiri kegiatan rapat Koordinasi Pembentukan Kabupaten Kota Layak Anak (KLA) yang di inisiaisi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) setempat di hotel Grand Potoro Kamis, (14/2/19).

Surunuddin Dangga dalam sambutannya menyampaikan, apresiasinya atas pelaksanaan rapat koordinasi pembentukan KLA. Menurut dia (Surunuddin-Red) berdasarkan peraturan bupati (Perbup) bahwa pembentukan KLA ini sudah terbentuk, namun untuk saat ini aksinya yang kurang.

“Kata Mantan Ketua DPRD Konsel ini, pihaknya ingin menunjukan bahwa Konawe Selatan juga merupakan Kota Layak Anak. Olehya itu untuk mendukung kota layak anak tersebut ia meminta agar setiap kecamatan dan desa mempersiapkan lokasi pembangunan taman bermain anak.

“Tahap awal harus ada lokasi tempat anak bermain, camat dan desa sudah harus siap, karena untuk membentuk KLA ini tidak hanya dari DP3A saja, namun harus seniergi semua, mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten,” sambutnnya.

Selain itu kata Surunuudin, kota layak anak juga harus terpenuhi kesehatannya, taman bacanya. Olehnya itu kata dia (Surunuddin-Red) rehabiliasi rumah sakit Daerah Konsel yang baru baru ia lakukan juga merupakan bentuk dukungannya terhadap terbentuknya kota layak anak.

“Rumah sakit ini saya rombak, karena masih bercampurnya pasein dari berbagai macam penyakit, kita ingin pisahkan ruangannya pasien persalinan, pasien anak dan pasien lainnya. Karena jika semua sudah terpisah makan pasien akan nyaman., ” ungkap Surunuddin.

menurut Surunuddin, Indikator KLA adalah tersedianya pemenuhan atas hak anak di segala bidang sebagai warga kota, berperan dan berpartisipasi aktif dalam perencanaan dan pembangunan kota sesuai kemampuan dan kebutuhan anak.

“Olehnya menidak lanjuti pembentukan KLA ini, Surunuddin meminta para camat Se-Konawe Selatan untuk menunjuk lokasi pembangunan taman bermain untuk anak.

“Pemerintah kecamatan mempersiapkan lokasi untuk pembangunan taman bermain untuk anak minimal dua atau tiga lokasi. Pemerintah daerah sangat mendukung terwujud KLA di Konsel, karena Anak merupakan modal dan investasi sumber daya manusia di masa yang akan datang, sekaligus sebagai generasi penerus bangsa,” harap Surunuddin

“Ditempat yang sama, Kepala DP3A Konsel DRS yuliana MM melalui kepala bidang perlindungan anak Hj Ariaty SKM M.Kes dalam sambutannya menyampaikan, pengembangan kabupaten kota layak anak berdasarkan PP da PA nomor 12 tahun 2011 tentang indikator kabupaten layak anak.

“Maksud diselenggarakannya rapat koordinasi pembentukan kabupaten layak anak ini untuk menyusun penajakan program kabupaten layak anak dalam rangka mewujudkan predikat KLA di Konawe Selatan,” sambutannya Yuliana.

“Kata Hj Ariaty untuk mensinergikan kebijakan program dan kegiatan terkait pengembangan kabupaten kota layak anak baik lintas program maupun lintas sektor . “Diharapkan semua pihak dapat bekerjasama demi terwujudnya perolehan predikat KLA Konsel pada tahun 2020,” tutupnya.

“Untuk di ketahui, rapat koordinasi pembentukan KLA ini juga di hadiri oleh Sekda Konsel Ir Drs Sjarif Sajang OPD terkait serta para camat se Konawe Selatan,”Pungkasnya.

Edison