Beranda RAGAM DAERAH Bupati Basli Ali Minta, 54 Kades Baru Dilantik Jangan Terseret Hukum

Bupati Basli Ali Minta, 54 Kades Baru Dilantik Jangan Terseret Hukum

124
0
BERBAGI

Editor : Syamhunter

Selayar-Sulsel, (faktahukum.co.id) – 54 Kepala Desa (Kades) terpilih, periode 2019 – 2025 yang baru dilantik oleh Bupati Kepulauan Selayar, H. Muh. Basli Ali, di Pendopo rumah jabatan Bupati, Jalan Jend. Sudirman, no. 1 Benteng, Sabtu (28/12/19).

Bupati H. Muh. Basli Ali, meminta dalam sambutannya agar 54 Kades yang baru, jangan terseret seret kepersoalan hukum. Meskipun Kades di Kepulauan Selayar, tergolong sedikit dibanding beberapa daerah lainnya, akan tetapi ini dijadikan pengalaman, bagi Kades yang baru saja dilantik.

“Beberapa Kades harus berhubungan dengan hukum, karena tidak bisa mengelola dana desanya denga baik, sehingga ini bisa dijadikan pengalaman”, kata Bupati Basli Ali.

Kalau ada yang salah tolong dicatat baik baik dan jika ada persoalan di Desa, khususnya Kepala Desa lama, dalam serah terima fisik maupun secara administrasi, jangan sampai Kades yang baru saja menjabat, sudah terseret kepersoalan hukum.

Kalau ada yang dianggap kurang tolong catat dengan baik, sambil Kades yang konsultasikan kepada Inspektorat, yang menjadi Benteng Kades untuk menjalankan tugas tugasnya.

Selain itu Bupati Muh. Basli Ali, biasa disingkat “MBA” juga meyampaikan, bahwa dalam proses demokrasi Pilkades, tentu ada hal hal yang tercederai, dari 54 Kades terpilih, itu melibatkan kurang lebih 190 Calon Kades.

Olehnya itu, Kades yang baru, tentu melakukan komunikasi yang baik diantara kalangan masyarakatnya. Mulai sekarang tidak ada lagi yang namanya Tim, semuanya adalah masyarakat warga Desa.

Selaku Pemerintah di Desa, tentu menjadi ujung tombak pemerintahan di Kabupaten. Bupati tentu tidak bisa melaksanakan program sesuai visi dan misinya kalau tidak dikawal oleh pemerintah ditingkat Desa.

Terkait program pemberdayaan Pemerintah Kabupaten di Desa dan masyarakat merasa layak dapat bantuan, tetapi karena proses demokrasi, sehingga tidak memperoleh dari Pemerintah Desanya, Bupati Basli Ali, minta, silahkan bersurat kepada Bupati.

Olehnya itu, Bupati minta kepada para Kades, terkait pembagian pemberdayaan dari program pemerintah, jangan lagi dilihat, bahwa itu Tim atau bukan.Kedepan akan semakin berat karena sistim juga akan semakin ketat. (Rizal)