Beranda RAGAM DAERAH Bupati Barut Terima Penghargaan Rekor MURI Festival Manumpi Jawau

Bupati Barut Terima Penghargaan Rekor MURI Festival Manumpi Jawau

66
0
BERBAGI

Barito Utara – Manager Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), Awan Rahargo menyerahkan Penghargaan Rekor MURI kepada Bupati Barito Utara H Nadalsyah dalam rangka pemecahan rekor Festival Manumpi Jawau (singkong, red), dilaksanakan di Water Front City (WFC) yang diikuti oleh 72 kelompok, dengan jumlah peserta sebanyak 1440 orang, Selasa (28/6/2022) kemarin.

Penyerahan penghargaan Rekor MURI diserahkan usai upacara peringatan Hari Jadi ke 72 Kabupaten Barito Utara di arena terbuka Tiara Batara Muara Teweh, Rabu (29/6/2022).

“Suatu kehormatan bagi kami Tim Rekor MURI berkesempatan hadir berada di tengah-tengah Bapak Ibu sekalian di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan yang kita cintai bersama,” kata Manager MURI Awan Rahargo.

Dikatakannya, Museum Rekor Dunia Indonesia dikenal sebagai lembaga pencatat rekor nasional yang dalam kiprahnya sudah 32 tahun hingga saat ini sudah mencatat lebih dari 10.300 prestasi kharsa dan karya superlatif putra-putri terbaik Indonesia.

“Semuanya dicatat sesuai dengan kemampuan masing-masing individu, kelompok maupun institusi untuk berlomba-lomba menggelorakan semangat kebanggan nasional,” kata dia.

Hari ini, kata Awan, kita memperingati Hari Jadi ke 72 tahun Kabupaten Barito Utara dengan beragam kegiatan dipergelarkan untuk memeriahkan acara ini. Salah satunya mendapat atensi dari Lembaga Pencatat Rekor Nasional sekaligus Lembaga Pencatat Rekor Dunia MURI.

“Yaitu dalam mempergelar festival manumpi jawau yang dikemas dalam bentuk perlombaan dalam membuat tumpi jawau yang di ikuti oleh 72 kelompok sesuai dengan usia Kabupaten Barito Utara,” ucapnya saat menyampaikan sambutan.

Awan mengatakan, dari 72 kelompok yang mengikuti festival manumpi jawau ini dengan total peserta mencapai 1440 orang. Dalam festival manumpi ini juga telah menghasilkan ragam pariasi tumpi jawau sebanyak 15 variasi jenis untuk yang pertama kalinya.

“Ini sangat luar biasa Pak Bupati,” kata dia.

Selain itu juga, acara kemarin yang telah kita laksanakan tersebut selaras dengan harapan Bupati Nadalsyah yaitu tumpi jawau sebagai jajanan yang mampu menciptakan peluang bisnis dan meningkatkan ekonomi masyarakat dan dapat dikenal secara luas dikancah Nasional maupun Manca Negara.

“Itulah sejatinya esensi sebuah rekor,” tuturnya.

Ke depannya, kata Awan lagi, rekor hari ini bisa jadi akan dipecahkan akan tetapi rekor pada hari ini sungguh istimewa karena dipelopori oleh Bupati serta seluruh jajaran dan warga masyarakat Barito Utara.

“Jadi sudah pas rasanya istilah ini bisa kita gunakan yaitu belum syah rasanya kalau ke Kabupaten Barito Utara belum mencoba tumpi jawau,” imbuhnya. (@lie/Tim).