Beranda KESEHATAN Bupati Barito Utara Resmikan Gedung Isolasi Pasien Covid-19

Bupati Barito Utara Resmikan Gedung Isolasi Pasien Covid-19

212
0
BERBAGI

Muara Teweh-Kalteng, (faktahukum.co.id) – Dalam rangka mempercepat penanganan dan penyembuhan pasien yang terinfeksi Corona Virus disease 2019 (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) terus berupaya keras dan semaksimal mungkin serta mengambil kebijakan strategis dengan membangun gedung isolasi sebagai langkah konkrit penanganan pandemi virus tersebut.

Hal tersebut dikatakan Bupati Barito Utara H Nadalsyah saat peresmian gedung isolasi pasien Covid-19, yang berada di belakang rusunawa RSUD Muara Teweh, Senin (21/12/20).

Peresmian gedung isolasi pasien Covid-19 dihadiri Ketua DPRD Hj Mery Rukaini, Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Unsur FKPD, Kepala Perangkat Daerah, Direktur RS Doris Sylvanus, direktur RSUD Muara Teweh dan undangan lainnya.

“Saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung di Kabupaten Barito Utara. Perkembangan terakhir yang dapat kita pantau dari data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng,” kata Bupati H Nadalsyah.

Dalam dua minggu terakhir katanya lonjakan kasus yang terjadi di Barito Utara masih fluktuafif cenderung stagnan dibandingkan kabupaten lain di Kalteng, kondisi ini jangan membuat kita lengah atau kendor untuk terus saling bahu membahu menekan laju sebaran virus ini,” kata Bupati .

Dikatakan bupati, bahwa penyediaan prasarana dan sarana wilayah yang memadai dan pelayanan publik yang sesuai dengan kebutuhan masyrakat adalah aspek utama capaian pembangunan, termasuk diantaranya upaya meningkatkan kualitas hidup manusia dibidang kesehatan .
“Untuk itu kami sebagai pemangku kebijakan dan bersama seluruh Stakeholder, akan terus berupaya seoptimal mungkin untuk mempercepat peningkatan pelayanan kesehatan dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi untuk kepentingan seluruh lapisan masyarakat,” ucap bupati yang akrab disapa H Koyem ini.

Dijelaskan Nadalsyah, dalam upaya meningkatkan capaian dibidang kesehatan ini, tersedianya fasilitas kesehatan yang lebih memadai merupakan salah satu faktor kunci yang sangat penting.

“Hal ini sesuai dengan janji kami dengan pak Wakil Bupati Sugianto Panala Putra saat berkampanye pada Pilkada beberapa tahun lalu, yaitu terlayaninya kebutuhan kesehatan masyarakat dari pelosok desa sampai ibukota kabupaten Barito Utara,” ujarnya.

Lebih lanjut Nadalsyah, peresmian gedung isolasi Covid-19 ini menjawab harapan seluruh masyarakat, agar RSUD Muara Teweh memiliki gedung isolasi khusus yang memenuhi standar dan meyakinkan masyarakat bahwa pasien Covid-19 dirawat di ruang isolasi terpisah dari ruang rawat lainnya.

“Pasca pandemi gedung ini bisa tetap dapat digunakan untuk merawat pasien yang sakit karena virus atau penyakit mudah menular dan berpotensi menjadi wabah, seperti batuk flu burung, TBC, demam berdarah atau menjadi tempat penampungan korban bencana lainnya,” imbuh Bupati H. Nadalsyah.

Penulis : Alie Editor: Ade’ M.