Beranda RAGAM DAERAH Budaya Sunda Jadi Konsep Hari Jadi Kabupaten Sukabumi Ke 152 Tahun

Budaya Sunda Jadi Konsep Hari Jadi Kabupaten Sukabumi Ke 152 Tahun

121
0
BERBAGI

Sukabumi – Perayaan Hari Jadi ke 152 Kabupaten Sukabumi tahun 2022 sangat kental dengan budaya sunda, terbukti dalam prosesi upacara peringatan menjadikan budaya sunda sebagai konsep dan ciri khas maupun karakteristik, mulai dari bahasa, pakaian, serta atraksi seni tradisional, yang bertempat di Alun – alun Pelabuhan Ratu, Sabtu (10/09/2022).

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengatakan, penonjolan budaya sunda merupakan salah satu bentuk kecintaan Pemerintah Kabupaten Sukabumi demi lestarinya budaya dan tradisi kesundaan di masyarakat.

“Penggunaan kebudayaan sunda dalam peringatan Hari jadi Sukabumi merupakan keinginan masyarakat. Alhamdulillah bisa kita wujudkan dan masyarakat pun merasa senang, ” katanya.

Ia menuturkan, tak hanya di upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 152 Kabupaten Sukabumi, semua rangkaian kegiatan hari jadi selalu menonjolkan kebudayaan sunda.

“Salah satu yang sering ditampilkan ialah kesenian tradisional sunda, seperti pagelaran wayang golek sebagai warisan seni budaya Sunda,” ucapnya.

H. Marwan Hamami menuturkan, di momen hari jadi Sukabumi ke 152, Pemerintah Kabupaten Sukabumi mengumpulkan air dari berbagai sumber mata air ke dalam satu tempat. Mata air itu berada di Sukabumi wilayah utara, selatan, barat, dan timur.

“Kabupaten Sukabumi memiliki banyak sumber mata air, air memiliki arti sumber kehidupan, makanya kita kumpulkan dalam satu wadah untuk menjadi satu kesatuan sebagai filosofi kebersamaan dalam menjawab berbagai persoalan yang ada,” tuturnya.

Berkaca dari filosofi tersebut, H. Marwan mengajak semua pihak untuk terus bersinergi dan mengedepankan kolaborasi untuk mewujudkan karya terbaik bagi Kabupaten Sukabumi.

“Kita punya sektor pertanian dan pariwisata yang menjadi unggulan, bahkan menjadi prioritas di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2022 – 2026, kedua sektor ini kami yakini mampu mendongkrak perekonomian secara lebih cepat, maka dari itu Kita perlu bersinergi untuk mewujudkan semuanya itu, ” bebernya.

Apalagi, sambung H. Marwan, pembangunan di Kabupaten Sukabumi saat ini terus bergerak signifikan bangkit dan pulih pasca pandemi yang melanda negeri kita ini selama dua tahun. ” Pemulihan pembangunan pasca Pandemi Covid-19, itu semua bisa terwujud dengan adanya kepedulian dan peran aktif dari semuanya,” jelasnya.

Sementara, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sukabumi yang menjadikan budaya sunda sebagai konsep peringatan HUT ke 152 Kabupaten Sukabumi. Menurutnya, hal tersebut bisa dilakukan secara berkesinambungan.

“Saya sangat mengapresiasi semua hal yang ditampilkan, mulai dari tarian dan rangkaian kegiatan menggunakan Bahasa Sunda, Ini bisa dilakukan secara berkesinambungan,” bebernya.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan penyerahan Satyalencana Karya Satya oleh H. Marwan Hamami kepada 28 PNS di lingkungan Pemkab Sukabumi, Satyalencana Karya Satya merupakan penghargaan kepada PNS atas pengabdiannya selama 10, 20, dan 30 tahun.

Tak hanya itu, H, Marwan pun menyerahkan alat perekam dan pencetakan KTP elektronik kepada Kecamatan Bantargadung, Waluran, Parungkuda, Cidadap, Cidolog, Ciracap, dan Ciemas, serta menyerahkan 152 paket sembako untuk kaum duafa.

Di akhir kegiatan, Forkopimda diberikan suguhan seni khas tatar sunda. Mulai dari dogdog lojor, angklung, dan rampak kendang.
(Cecep R).