Beranda BERITA UTAMA BPI KPNPA RI Lihat Kepercayaan Publik Terhadap Polri Semakin Bagus

BPI KPNPA RI Lihat Kepercayaan Publik Terhadap Polri Semakin Bagus

59
0
BERBAGI

Jakarta – Ketua Umum Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA RI)┬áTubagus Rahmad Sukendar yang akrab disapa Kang Tebe Sukendar mengatakan kepada awak media di Gedung Tower BPI bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri setelah terjadinya Peristiwa Sambo, semakin bagus dan menguat, ini semua harus bisa dipertahankan Polri.

Kita semua melihat bahwa kerja Keras Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo bersama Jajaran Polri di dalam mengembalikan marwah Polri agar kembali mendapatkan perhatian dan kepercayaan masyarakat mulai berangsur naik dan meraih simpatik publik.

“Kinerja Polri yang semakin baik dalam meningkatkan pelayanan dan melayani masyarakat patut didukung semua pihak sehingga Citra dan Martabat Polri akan mendapat tempat di hati Masyarakat,” kata TB Rahmad Sukendar, Kamis (17/11/2022).

Ia menuturkan, dalam rangka melihat kepuasan publik terhadap Polri, beberapa waktu lalu Tim Relawan BPI KPNPA RI melakukan kegiatan Road Show di Propinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara dilanjutkan dengan kembali ke wilayah Propinsi Jawa Barat.

Hasil yang didapat Tim Relawan dengan melakukan kegiatan penelitian terkait Kinerja Polri di jajaran ke wilayahan.

“Didapatkan hasil yang cukup baik dan sangat memuaskan dari sample Quisener yang dibagikan kepada masyarakat diperoleh masukan dan saran positif yang cukup baik , dimana masyarakat masih memerlukan kehadiran Polisi dan juga menyebutkan tingkat kepuasan publik terhadap Polri dalam Pelayanan dan Melayani semakin baik dan meningkat tajam,” tuturnya.

TB Rahmad Sukendar menambahkan, untuk kinerja Polri di ke wilayahan hampir 65 persen responden sangat mempercayai bahwa Polri setelah peristiwa Sambo , ada perubahan di beberapa bidang mulai dari Satuan Lalu Lintas, Satuan Reserse dengan mengedepankan penegakan. hukum yang berkeadilan dan transparan

“Polri secara signipikan bergerak secara terus menerus dengan melakukan terobosan inovasi dan motivasi untuk bisa membawa Polri yang Presisi dan Bermartabat,” ujarnya.

Kang Tebe Sukendar juga menyampaikan, bahwa banyak yang berubah dalam tubuh Polri baik ditingkat Polda maupun di tingkat Polsek, semua nya berupaya untuk bisa menampilkan Polisi sebagai sahabat masyarakat.

“Hasil dari sample Quisener yang disampaikan masyarakat terhadap Kinerja Polri rata rata menyampaikan kepuasan atas pelayanan Polri dalam Melayani masyarakat dengan baik dan humanis dan bersih dari Pungli,” ucapnya.

Lanjut TB Rahmad Sukendar, Kapolri juga beberapa waktu lalu sudah perintahkan kepada Jajaran Lalu Lintas Polri untuk meniadakan tilang manual dan mengganti dengan tilang elektronik.

“Satu terobosan yang sangat bagus bagi Polri dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat sehingga tingkat kepercayaan publik terhadap Polri semakin bagus dan meningkat,” ungkap Kang Tebe Sukendar.

Dia juga mengatakan keputusan Kapolri dalam menerapkan tilang elektronik dan menghilangkan tilang manual sudah sangat tepat untuk dilaksanakan jajaran Lalu Lintas dan tentunya akan membuat masyarakat pengguna jalan raya semakin nyaman.

“Apalagi bukan rahasia umum, akibat tindakan oknum polisi lalu lintas di jalanan masih kerap ada yang kedapatan melakukan pungli sehingga bukan nya menjadikan citra Polri baik malah dari akibat menyakiti hati masyarakat tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri menjadi semakin menurun tajam.,” paparnya.

Kang Tebe Sukendar juga menegaskan Langkah tegas Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo yang kembali memerintahkan kepada jajaran lalu lintas untuk mengedepankan pembinaan dan penyuluhan di Jalan raya banyak mendapatkan apresiasi dan dukungan dari masyarakat.

“Survei yang dilakukan BPI KPNPA RI sejak awal tanggal 20 Oktober sampai dengan 12 November 2022 terhadap responden melalui Quisener yang disampaikan Tim Relawan BPI KPNPA RI kepada masyarakat mendapatkan hasil yang sangat baik, dimana Publik semakin percaya kepada Polri yang kini sudah mulai menampakkan jati diri sebagai Pelindung dan Pengayom masyarakat dengan peningkatan dalam Pelayanan dan Melayani sehingga sebahagian masyarakat merasa terayomi dan dilindungi,” katanya.

Ia pun berharap masyarakat juga memberikan penilaian positif atas pelayanan yang baik dan humanis dari Polri dan harus secara terus menerus dapat dipertahankan kinerja Polri yang baik dan humanis .

Menurut Kang TB Rahmad Sukendar, kebijakan Kapolri saat ini dinilai Kang Tebe Sukendar sangat transparan dan humanis

“Para responden menyampaikan bahwa kebijakan Kapolri ini sangat transparan, tanpa diskriminasi dan mencegah penyalahgunaan wewenang. Semoga tidak akan ada lagi oknum yang mencari-cari kesalahan masyarakat baik di Pidana Umum ,Pidana khusus dan khusus nya di Satuan Lalu Lintas,” paparnya.

Diakhir, TB Rahmad Sukendar mengajak semua elemen mendukung kerja keras Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo bersama Jajaran menuju Polri yang baik dan dekat dengan masyarakat. (Putra).