Beranda RAGAM DAERAH Bidokes Polda Banten Lakukan Cek Kesehatan Petugas di Pos Pamkat

Bidokes Polda Banten Lakukan Cek Kesehatan Petugas di Pos Pamkat

21
0
BERBAGI

Cilegon-Banten, (faktahukum.co.id) – Menyertai patroli simpati Kapolda Banten sepanjang hari Sabtu (15/5/2021), tim Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bidokes) melakukan pengecekan kesehatan personel yang bertugas di Pos Pengamanan dan Penyekatan (Pos Pamkat) tempat wisata yang berada di Serang/ Cilegon dan Pandeglang.

“Tidak ada kasus petugas sakit atau terpapar Covid-19. Demikian juga dengan wisatawan lokal yang diperiksa di Pospamkat menuju arah lokasi wisata,” kata Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi Priadinata, S.I.K, M.H.

Pemeriksaan kesehatan yang berlangsung di setiap Pos Pamkat lokasi wisata itu, bertujuan agar petugas tetap prima dalam memberikan pelayanan kepada para wisatawan lokal.

Pada saat yang sama penyekatan terhadap wisatawan tak henti dilaksanakan agar mereka yang benar-benar terdeteksi tidak terpapar Covid-19 atau Orang Tanpa Gejala (OTG) yang masuk ke lokasi wisata.

Lanjutnya, kata Edy, sesuai ketentuan, lokasi-lokasi wisata yang dikunjungi kapasitasnya tak lebih dari 50 persen. Untuk wisatawan dari luar Banten, Kombes Edy mengingatkan, dilarang berwisata ke daerah ini.

Dengan demikian, lanjut Kombes Edy, langkah-langkah cegah terhadap kemungkinan terjadinya kerumunan manusia di lokasi wisata sehingga dikhawatirkan akan muncul “Kluster Baru Wisata Banten” dapat dihindari.

Sampai tengah hari, kata Edy, selama penyekatan petugas belum mendapati wisatawan dari luar Banten

“Jadi, sepanjang pemantauan kami, yang masuk semuanya wisatawan lokal Banten,” kata Edy Sumardi.

Sampai saat terakhir pemeriksaan, tidak ada baik dari petugas maupun wisatawan yang terdeteksi sebagai positif Covid-19 atau OTG.

Hari ini Pospamkat dikunjungi langsung oleh Kapolda Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto Adi Nugroho, S.H., M.H. dan Wakapolda Brigjen Pol Drs. Ery Nursatari, M.S. untuk memastikan kondisi personel dan situasi di lapangan secara langsung yang berada di sepanjang pantai Serang (tapi masu wilayah tugas Polres Cilegon) dan Pandeglang.

“Sedangkan Pospamkat yang disinggahi patroli simpati kesehatan sepanjang jalan menuju lokasi wisata tersebut yaitu Pospam Simpang JLS – Mandalika – Teneng – RM Palka Anye – berakhir di Pospamkat Carita,” pungkasnya.

Diperkirakan di H+2 Idul Fitri ini tak kurang dari ratusan bahkan ribuan wisatawan lokal akan memanfaatkan liburannya ke lokasi-lokasi wisata pantai Banten.

Penulis: Putra. Editor: M. J.