Beranda HUKRIM Berkas Pinjaman Fiktif, Lima Karyawan Koperasi CUSR Gelapkan Dana Belasan Miliar

Berkas Pinjaman Fiktif, Lima Karyawan Koperasi CUSR Gelapkan Dana Belasan Miliar

284
0
BERBAGI

Muars Teweh. Kalteng (faktahukum.co.id) – Dengan modus membuat berkas pinjaman fiktif  lima orang karyawan termasuk manajer Koperasi Credit Union Sumber Rejeki (CUSR) Muara Teweh, berhasil menggelapkan dana  belasan miliar rupiah.

Kasus penggelapan uang sekitar Rp16 miliar lebih di Koperasi Credit Union Sumber Rejeki (CUSR) Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah ini menarik perhatian sejumlah pihak, dan menjadi perbincangan masyarakat, karena persekongkolan tersebut diduga telah berjalan setidaknya dalam tiga (3) tahun terakhir. Tapi mengapa baru saat diaudit pada pertengahan tahun 2019 baru diketahui ? Padahal setiap tahun diaudit ?

Dari penelusuran, diperoleh informasi kelima karyawan yang melakukan penggelapan dan telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kepolisian Resort Barito Utara ini melancarkan aksinya dengan membuat berkas pinjaman fiktif, misalnya atas nama anggota Koperasi CUSR yang sudah meninggal dunia, atau masih hidup.

Kasat Reskrim Polres Barut AKP Kristanto Situmeang SIK, mengatakan perbuatan penggelapan tidak terjadi secara serta-merta, tetapi sudah berjalan lama. Penggunaan nama fiktif melibatkan sekitar 50 sampai dengan 100 nama. “Dari hasil pemeriksaan, tercatat sekitar 50-100 nama fiktif peminjam,” kata Kristanto, Selasa (18/2/20).

Meski belum mengungkapkan secara detail hasil pemeriksaan, namun aparat kepolisian telah menahan kelima tersangka, yakni EM (39), PM (35), WHM (31), ASM (38), dan JE (37) sejak senin lalu.

Penulis : @lie  Editor : Adunk