Home BISNIS Aqua Kembangkan Wira Usaha Santri

Aqua Kembangkan Wira Usaha Santri

612
0
SHARE

Sukabumi, (FHI) – Aqua Golden Misissippi mekarsari berkomitmen dalam melaksanakan tangung jawab sosial perusahaannya di bidang pemberdayaan masyarakat melalui program peningkatan ekonomi bagi masyarakat sekitar pabrik dan sumber air kubang.

Salah satunya dengan program peningkatan ekonomi berbasis santri yang sudah berjalan satu tahun lebih ini di Pesantren Shirojuttholin, kp. Kubang Desa Babakanpari Kec. Cidahu Kab. Sukabumi.

Senin, 25/09/2017 Andi Suhandi selaku SR- CSR Manager memaparkankepada FHI bahwa Program ini merupakan program integrasi mulai dari hulu ke hilir di antaranya melalui program peternakan domba sehat, pengolahan kompos, dan pertanian organik.

“Program yang dimulai tahun 2016 ini sangat terlihat positif perkembangannya sehingga ditahun 2017 ini dikembangkan program budidaya ikan lele dan pengelolaan biogas dari kotoran ternak domba,”paparnya.

Sementara itu Plant Director PT AGM Mekarsari  Nanang Rismadi di lain kesempatan menambahkan bahwa tujuan dari program ini adalah untuk menumbuh kembangkan jiwa wirausaha di kalangan santri sehingga harapan ke depannya lulusan pesantren ini dapat bekal pengetahuan dan keterampilan wirausaha.

“Semoga program ini dapat bermanfaat bagi santri shirojuttholibin khususnya umumnya bagi masyarakat kubang Ds babakanpari sehingga ke depannya dapat tumbuh usaha-usaha lokal yang mandiri dan berkelanjutan,”pungkas Nanang.

Sementara Pimpinan Pondok.Pesantren Shirojuttholibin Ustad Rosyad menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada PT. AGM Mekarsari yang telah peduli membantu santrinya untuk mengembangkan usaha domba dan Lele.”Alhamdulillah dombanya sudah berkembang dari 21 ekor menjadi 31 ekor dan ikan lelenya sudah berkembang biak dengan pesat.”ungkap ustad Rosyad.

Selanjutnya Abdul azis manajer program dari Yayasan Negeri Ternak Indonesia selaku mitra pelaksana program mengatakan bahwa selain program.yang disebutkan di atas, ada juga program peningkatan akses air bersih yang hygienis dan sanitasi lingkungan melalui pembangunan 3 unit mck, pengelolaan sampah dan penerapan pola hidup bersih dan sehat.

Selain itu dari pengolahan kompos juga dimanfaatkan untuk pupuk tanaman sayuran organik di kebun santri. Alhamdulillah dari hasil panennya dapat meningkatkan pola gizi santri dan sedikit menambah penghasilan dengan dijualnya produk sayuran. ungkap azis menutup perbincangan.(ich)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here