Beranda NASIONAL Aksi Solidaritas, Jajaka Nusantara Galang Dana Untuk Korban Gempa

Aksi Solidaritas, Jajaka Nusantara Galang Dana Untuk Korban Gempa

118
0
BERBAGI

Bekasi – Ketua ormas Jajaka Nusantara, wilayah Kedung Jaya Kecamatan Babelan, Danu Ubaidillah bersama anggotanya menggalang dana untuk membantu korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat.

Penggalangan bantuan kemanusiaan bagi korban bencana alam itu dilakukan di beberapa titik wilayah Kedung Jaya, dengan titik pusat penggalangan di Jl. Pertamina Wates Desa Kedung Jaya Rt 004 Rw 004 Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi, Minggu (27/11/22).

Danu mengatakan, gempa bumi yang melanda Cianjur merupakan bencana kemanusiaan yang harus menjadi perhatian semua pihak.

“Ini bencana yang harus diperhatikan semua pihak. Oleh karena itu, dengan semangat solidaritas persaudaraan, kami Jajaka Nusantara Kedung Jaya melakukan aksi penggalangan dana agar bisa membantu meringankan beban korban,” terang Danu.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan korban meninggal dunia akibat gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, sebanyak 310 orang.

Gempa magnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, pada Senin (21/11/2022) dan kejadian itu juga menyebabkan ribuan orang terpaksa tinggal di pengungsian. Gempa juga menyebabkan kerusakan infrastruktur dan permukiman dalam skala luas.

BNPB juga mencatat terdapat 151 korban hilang, dan masih dalam pencarian. Untuk korban luka-luka sebanyak 1.083 orang dan pengungsi 58.362 orang.

Sementara rumah rusak berat sebanyak 6.570 unit, rumah rusak sedang 2.071 unit, dan rumah rusak ringan 12.641 unit. Data itu masih berkembang seiring dengan terus dilaksanakannya pendataan.

“Insyaallah kegiatan penggalangan dana ini kita laksanakan sampai satu Minggu kedepan. Bantuan yang sudah terkumpul dengan ijin Allah SWT penyerahannya masih kita rundingkan lebih lanjut bersama dewan pengurus. Keinginan kita sih bisa berangkat bersama sama tim untuk menyerahkan bantuan tersebut,” tutup Danu.