Home HUKRIM AKP Beri Juana Putra, S.IK, Kasat Reskrim Bulukumba Gelar Perkara

AKP Beri Juana Putra, S.IK, Kasat Reskrim Bulukumba Gelar Perkara

89
0
SHARE
AKP. Beri Juana Putra.S.IK. Kasat Reskrim Bulukumba

Bulukumba-Sulsel, (faktahukum.co.id) – Banyak nya terjadi kesalah pahaman antara Polisi Republik Indonesia ( Polri ) dengan masyarakat umumnya, karena kurangnya penyuluhan atau sosialisasi yang digelar para penyedik (Polri.red) terhadap tokoh masyarakat atau tokoh agama memberikan pemahaman bagaimana sistim penyidikan dan penyelidikan.

Berbekal dari pengalaman yang dimiliki Akp Beri dari latar belakang lulusan Akademik kepolisian menerapkan kejajarannya dengan sistim gelar perkara dengan tema” Penyidikan dan penyelidikan dengan melibatkan para Kanit reskrim.

Hal ini terbukti dari 10 Polsek yang ada di wilayah hukum Polres Bulukumba, salah satu polsek yang dihadirkan yaitu personil polsek ujung loe yang melibatkan kanit reskrim dan anggotanya untuk datang keruang kasat reskrim gelar kasus, Senin, (4/02/19).

Dalam diskusi yang dipapar kan AKP Beri menjelaskan ke personil polsek Ujung Loe bahwa Penyelidikan adalah serangkaian tindakan penyelidik untuk mencari dan menemukan suatu peristiwa yang diduga sebagai tindak pidana guna menentukan dapat atau tidaknya dilakukan penyidikan menurut cara yang diatur dalam undang-undang KUHAP.

Lanjut kasat reskrim,”Penyelidikan adalah serangkaian tindakan penyelidik untuk mencari dan menemukan suatu peristiwa yang diduga sebagai tindak pidana guna menentukan dapat atau tidaknya dilakukan atau ditingkatkan ke tahap penyidikan,”ungkap Beri.

Penyelidikan adalah tindakan kepolisian dalam menentukan ada tidaknya unsur pidana dari suatu kejadian. “Karena tidak semua kejadian yang dilaporkan mengandung unsur pidana, sebagai contoh ‘kebakaran’, beda dengan ‘pembakaran’. Apabila diselidiki tidak ditemukan tanda-tanda kesengajaan, didukung saksi mengatakan bahwa kelalaian korban sendiri, maka proses tidak akan berlanjut ke tahap Penyidikan Pasal 1 angka 5 KUHAP,”kata AKP Beri rileks.

“Dari materi yang disampaikan guna menciptakan kerja propesionalisme kita kepada masyarakat agar kita tidak selalu di kambing hitamkan,”terangnya. (syam raider)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here