Home RAGAM DAERAH Akibat Banjir, SPAM IKK Sabbangparu Terancam Roboh : Dewan Minta Pemkab Selamatkan

Akibat Banjir, SPAM IKK Sabbangparu Terancam Roboh : Dewan Minta Pemkab Selamatkan

56
0
SHARE

Wajo.Sulsel,(faktahukum.co.id)-– Bangunan Intake Sistem Penyediaan Air Minum Ibu Kota Kecamatan (SPAM-IKK) di Allimbangeng Salojampu, Kelurahan Sompe Kecamatan Sabbangparu, terancam roboh pasca banjir.

Pasalnya Bangunan PDAM Wajo, yang berdiri di pinggir Sungai Walennae Salojampu tersebut, kondisinya sudah sangat memperihatinkan akibat abrasi.

Menyikapi hal itu, Wakil Ketua DPRD Wajo, Rahman Rahim, meminta pemerintah daerah (Pemda) Wajo untuk mengambil langkah cepat sebelum bangunan runtuh dan Itupun tanah yang ada di bawahnya mulai berlobang terkikis air sungai.

“Ini secepatnya perlu diselamatkan, Karena kalau tebing sampai sungai longsor, bangunan akan ikut jatuh ke sungai akibat abrasi,” imbaunya, minggu (23/6/19)

Apalagi kata dia, bangunan SPAM IKK) yang merupakan hibah dari kementerian tersebut, menelan anggaran sekitar 4.5 miliyar diluar pembebasan lahan.

“Bayangkan kalau ini roboh, bukan cuma menyia-nyiakan anggaran. Tapi juga ada ratusan KK yang merasakan dampak karena ini tidak hanya dinikmati masyarakat Sabbangparu tapi juga oleh warga Ulugalung Kecamatan Pammana,” terang Ketua DPC Demokrat Wajo yang akrab disapa RR ini.

Sementara Direktur PDAM Wajo, Fachrudin mengungkapkan, telah dua kali melakukan persuratan ke Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang. Pertama di tahun 2014 di masa pemerintahan Andi Burhanuddin Unru dan terakhir pada 25 Maret 2019.

“Kami sudah dua kali melakukan persuratan, perihal permintaan pemeliharaan tebing sungai ke Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang. Tapi belum ada tindak lanjut,” ungkapnya.

Dari data yang dihimpun, SPAM-IKK Sabbangparu berkapasitas 10 L/dt ini, secara kontinyu mendistribusikan air bersih ke masyarakat dengan jumlah pelanggan sekitar 600 kepala keluarga (KK) atau dimanfaatkan sekitar 3.000 Jiwa.

SPAM IKK Sabbangparu tidak hanya melayani kebutuhan air di Kecamatan Sabbangparu tapi terdistribusi sampai di Ulugalung Desa Lempa Kecamatan Pammana. (Rasyid).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here