Beranda RAGAM DAERAH 60 Peserta Pemagangan Dalam Negeri Dilepas Sekda Barut

60 Peserta Pemagangan Dalam Negeri Dilepas Sekda Barut

233
0
BERBAGI

Barito Utara – Sebanyak 60 peserta pemagangan dalam negeri Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Barito Utara (Distrankop UKM Barut) tahun anggaran 2022 dilepas oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Utara (Sekda Barut) Drs Muhlis, Jumat (27/5/2022) di Aula Bappedalitbang, Jum’at (27/5/2022).

Bupati Barito Utara H Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya disampaikan Sekda Muhlis mengatakan, pemagangan merupakan bagian dari system pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan produktivitas pada bidang tenaga kerja Dinas Nakertrankop dan UKM Barito Utara atau bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur yang berpengalaman.

“Meningkatnya jumlah pengangguran yang sebagian besar di antaranya adalah tenaga kerja dengan tingkat pendidikan dan keterampilan yang rendah, seolah-olah menjadi momok bagi Pemkab Barito Utara,” kata Muhlis.

Ditambah lagi kata Sekda dua tahun terakhir ini Indonesia diserang Pandemi Covid-19 yang membuat perekonomian masyarakat melemah diakibatkan PHK dan usaha masyarakat banyak yang gulung tikar.

“Oleh sebab itu, diperlukan perhatian dan kerja sama yang serius dari pemerintah dengan perusahaan daerah maupun swasta untuk menyelenggarakan pelatihan kerja. Ini untuk membekali, meningkatkan dan mengembangkan potensi kerja guna meningkatkan kemampuan, produktivitas dan kesejahteraan tenaga kerja beserta keluarganya sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-undang nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan,” kata Muhlis.

Selain itu juga kata Sekda, banyak keuntungan yang diperoleh ketika mengikuti pemagangan, diantaranya membangun jiwa yang disiplin, serta meningkatkan keterampilan khusus sesuai dengan yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan dunia industry.

“Karena dalam pemagangan para peserta mendapatkan pengalaman yang sifatnya langsung berupa kompetesi, seperti yang dilaksanakan saat ini, sesuai dengan dibutuhkan pihak perusahaan, yaitu administrasi perkantoran dan mekanik,” kata dia.

Lebih lanjut Muhlis, peningkatan kemampuan dan kualitas kerja merupakan salah satu unsur penting dalam dunia kerja, terlebih di tengah-tengah persaingan globalisasi yang menuntut SDM di daerah khususnya Barito Utara untuk terus berpacu meningkatkan kualitas diri untuk menjadi tenaga kerja siap pakai.

“Kepada saudara-saudara peserta pemagangan dalam negeri, selama magang di perusahaan kalian semua akan dihadapkan langsung dengan realita dunia kerja di seluruh perusahaan, manfaatkan setiap kesempatan yang ada untuk menggali ilmu pengetahuan serta pengalaman, sehingga kelak anda semua akan menjadi tenaga kerja dengan nilai tawar yang tinggi,” imbuhnya.

Selama mengikuti pemagangan kurang lebih 5 (lima) bulan perhatikan ketentuan yang diharapkan di perusahaan tempat anda ditempatkan.

Termasuk masalah kedisiplinan, dan kualitas kerja. “Biasanya sebuah perusahaan yang professional konsisten dalam menegakan aturan dan disiplin kerja, karena perusahaan mengedepankan sebuah output yang berkualitas dan baik,” pungkasnya.

Pelepasan peserta pemagangan dalam negeri ini dihadiri Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalimantan Tengah Abraham OR Aronggear, Sekdis Disnakertrankop UKM Barito Utara Yulis Ashari, pimpinan perusahaan daerah dan swasta Barito Utara, dan undangan lainnya.
(@lie/Tim).