Lihatlah Ini
Lihatlah Ini
RAGAM DAERAH

Bupati Sintang Hadiri Pelatihan Potensi Tekhnik Pertolongan SAR Tahun 2022

×

Bupati Sintang Hadiri Pelatihan Potensi Tekhnik Pertolongan SAR Tahun 2022

Sebarkan artikel ini

Sintang – Bupati Sintang yang diwakili oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sintang Ir. Bernhad Saragih, MM menghadiri pembukaan pelaksanaan Pelatihan Potensi Teknik Pertolongan di Permukaan Air Bagi Potensi Search and Rescue (SAR) Tahun 2022 di Halaman Pos Pencarian dan Pertolongan Sintang Jalan Sintang-Pinoh pada, Kamis (3/2/2022).

Bernhad Saragih, MM menyampaikan Basarnas sebagai sebuah instansi pemerintahan yang bergerak di bidang SAR, bertanggung jawab dalam pelaksanaan pembinaan bagi potensi SAR termasuk dalam penyelenggaraan pelatihan potensi SAR yang saat ini akan dilakukan.

↓↓ Gulir untuk Melanjutkan ↓↓
Pasang Iklan Disini

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat baik instansi, organisasi potensi SAR untuk dapat menyatukan pola pikir dan pola tindak yang dapat menghasilkan semangat kemanusiaan dan efektifitas pelayanan pencarian dan pertolongan,” katanya.

BACA JUGA :   Ketua TP PKK Selayar Berikan Santunan Pada Korban Kebakaran di Bonea

Selain itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Sintang, Ia juga ingin menyampaikan apresiasi setinggi tingginya bagi penyelenggara kegiatan, panitia serta peserta kegiatan. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar” terang Bernhad Saragih.

“Maksud dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada potensi pencarian dan pertolongan yang di latih agar dapat memberikan bantuan SAR kepada korban yang membutuhkan. Pelatihan ini sangat berguna dalam membantu mengevakuasi korban ketika mengalami kecelakaan saat dipermukaan air” terang Bernhad Saragih

Ia menjelaskan, Wilayah Provinsi Kalimantan Barat termasuk wilayah dengan tingkat kerawanan terhadap bencana dan resiko kecelakaan yang cukup tinggi berdasarkan letak geografisnya.

Terakhir, kita menghadapi banjir besar di Kabupaten Sintang dan beberapa kabupaten lainnya. Maka dari itu, saya menekankan bahwa petugas SAR khususnya di Kabupaten Sintang ini harus memiliki kemampuan yang terlatih dalam penyelamatan di lapangan dan diharapkan menjadi pembelajaran dalam mendukung pelaksanaann pencarian dan penyelamatan.

BACA JUGA :   Danrem 133/NW Hadiri Peresmian Penggunaan Fasilitas Air Bersih Program TNI-AD

“Petugas SAR harus bekerja secara ikhlas dan mengkedepankan pertolongan demi nilai kemanusian,” jelas Bernhad Saragih.

Kegiatan ini diharapkan bisa bermanfaat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan khususnya di musim hujan serta ilmu yang sudah didapatkan nantinya semoga bisa diimplementasikan oleh peserta di masa yang akan datang.

“Saya juga mengharapkan para peserta dapat mengikutinya dengan sungguh-sungguh dan serius dalam pelatihan ini, dan tidak perlu takut untuk bertanya agar dapat memahami pentingnya teknik pertolongan dipermukaan air (water rescue),” harap Bernhad Saragih.

Selain itu, sinergi dan kolaborasi pemangku kepentingan SAR dengan masyarakat sangat penting agar masyarakat mampu mengembangkan potensi SAR, memberikan pertolongan terhadap korban kecelakaan bencana serta mampu bahu-membahu mengatasi dampak bencana atas dasar solidaritas dan dan kemanusiaan.

BACA JUGA :   Bupati Banggai Buka Fun Aerobics Competition

“Tetap jaga protokol kesehatan, ikuti petunjuk instruktur dan SOP yang berlaku serta utamakan keselamatan dan keamanan saat berlatih,” pesan Bernhad Saragih. (Tan Bachtiar).

Faktahukum on Google News